Select Page

Belajar Wajib, Berdoa Penting Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP YPUI Parung | Headline Bogor

Belajar Wajib, Berdoa Penting Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP YPUI Parung | Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – Banyak hal berbeda yang dilakukan SMP YPUI Parung dalam melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN ) Tahun Ajaran 2017/2018 ini. USBN untuk jenjang SMP dilaksanakan dari tanggal 9 April 2018 – 16 April 2018. USBN di SMP YPUI Parung berbeda dengan USBN disekolah lain pada umumnya, Hal itu terlihat dari kedatangan siswa hingga hari yang digunakan. Siswa sekolah lain pada umumnya datang pkl 07.00 lalu mereka masuk ke dalam kelas dan mengerjakan soal. Hal ini terdapat perbedaan pada pelaksanaan USBN di SMP YPUI Parung (10 April 2018).

Dalam pelaksanaan USBN di SMP YPUI Parung seluruh siswa wajib hadir pukul 06.30. Kedatangan siswa pukul 06.30 memang bukan mengada-ngada dan bukan kali pertama. Siswa SMP YPUI Parung memang memulai KBM setiap harinya mulai pukul 06.30. Kehadiran siswa dalam setiap harinya sangat tinggi karena absensi dilakukan dengan fingerprint. Dalam pelaksanaan USBN, siswa tetap diwajibkan datang pukul 06.30 untuk melaksanakan ibadah sholat duha bersama yang dipimpin oleh Ust. Saprudin Mukti.

Dra. Elan Sriwulandary selaku kepala SMP YPUI Parung mengatakan kepada HeadlineBogor.com “Ini kebiasaan disekolah kami (SMP YPUI Parung ), biasanya siswa datang pukul 06.30 untuk KBM pertama yakni BTQ namun karena ini USBN KBM BTQ digantikan dengan Shalat Duha, membaca Asmaul Husna, dan belajar bersama, kegiatan tambahan dalam menghadapi USBN tidak mengganggu efektivitas USBN yang dilaksanakan di SMP YPUI Parung.” Ungkapnya.

Di tempat yang sama Ketua Panitia USBN Ahmad Misbahuddin, S.Pd. menambahkan, “USBN tetap berjalan sesuai waktu yang tertera dalan POS USBN yakni pukul 07.30. Namun kami menambahkan kegiatan sebelum mereka masuk ruang kelas agar mereka terbiasa dalam menghadapi apapun mereka jangan lupa untuk tetap berdoa”. Tuturnya.

Perbedaan lain dalam pelaksanan USBN di SMP YPUI Parung yakni siswa harus berbaris di depan ruang kelas dan hari yang digunakan dalam pelaksanaan USBN. SMP YPUI parung yang tahun ini akan meluluskan 69 siswa dan sudah Berbasis Komputer dalam melaksanakan ujian Nasionalnya nanti, menambahkan hari ujian sekolah. Tambahan hari ujian sekolah bukan untuk mata pelajaran yang sudah ditetapkan di POS USBN tetapi untuk mulok sekolah yakni BTQ. BTQ adalah program sekolah untuk baca tulis Alquran yang diajarkan setiap hari dari pukul 06.30 – 07.00 dan BTQ menjadi salah satu syarat kelulusan di SMP YPUI Parung ini.

Kegiatan Plus yang ada di SMP YPUI parung bukan hanya BTQ, kegiatan plus selain dari berbagai eskul yang ada di SMP YPUI Parung yakni muhadoroh , pembacaan yasin bersama , dan Senam bersama. SMP YPUI Parung hanya menerima tiga kelas dalam setiap tahunnya, hal ini dimaksudkan agar seluruh siswa dapat memaksimalkan kegiatan plus yang disediakan oleh sekolah dengan harapan agar siswa SMP YPUI Parung dapat lebih berprestasi dan bermanfaat bagi sesama.

Kiriman :
Ketua Panitia USBN SMP YPUI Parung
Ahmad Misbahuddin, S.Pd.

KOMENTAR

About The Author