Select Page

alterntif text

Desa Bantarsari Siap Bangun Desa Wisata Baru di Kabupaten Bogor

Desa Bantarsari Siap Bangun Desa Wisata Baru di Kabupaten Bogor

Bantarsari (Headlinebogor.com) – Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur tengah bersiap jadi desa wisata baru di Kabupaten Bogor. Desa yang memiliki banyak lahan pertanian ini sedang ancang-ancang untuk membangun kawasan agro wisata kebun buah jambu kristal seluas 5 hektare.

Saat ini pemdes dengan warga giat membangun sarana dan prasarana untuk menuju desa jambu kristal.

” Sejak pak kades memberi perhatian kepada sektor pertanian terutama para petani jambu kristal sehingga kini kami para petani kebanjiran order dan pesanan, malah pesanan jambu kristal sangat tinggi banyak dari pesanan yang tidak dapat kami penuhi, malah kebun jambu saya sering di datangi oleh orang dari luar daerah bahkan luar negeri seperti para mahasiswa jepang yang melakukan riset di kebun kami,” ujar Ismail salah seorang petani Jambu kristal.

Sementara Kades Bantardari Lukmanul Hakim menjelaskan terkait desa yang akan di jadikan sentra jambu kristal di Kabupaten Bogor.

“Selain cukup menjanjikan dari prospek pemasaran dan harga jualnya bagi para petani, jambu kristal juga akan kami jadikan hasil pertanian unggulan dari Desa Bantarsari. Hal ini juga bagian dari program menuju desa agro bisnis dan saat ini di perbatasan desa saya sedang bangun tugu icon jambu kristal dan kawung,” tutur kades yang dua kali dapat penghargaan dari Bupati ini.

Masih kata Lukman sapaan akrabnya, ” Untuk menunjang tercapainya misi desa agro bisnis maka berbagai upaya untuk pengembangan sektor pendukung dan saya akan mengajak warga untuk terlibat dalam pengelolaan agro wisata dengan membawa para tamu yang saat ini ingin berkunjung ke desa kami dengan tujuan melihat langsung jambu kristal maka saat ini pemdes terus menyiapkan sarana pendukungnya dengan harapan kedepan peningkatan ekonomi warga sebagai wujud ikut dalam memajukan kabupaten termaju di indonesia dan saya akan mulai dari desa ini,” papar Lukman.

Lukman menambahkan, Jambu kristal hasil petani Desa Bantarsari telah diperkenalkan kepada pemerintahan daerah hingga pemerintah pusat. Bahkan, jambu kristal sudah dipasarkan kepada para wakil rakyat di Senayan.

“Untuk mengembangkan jambu kristal ini, maka berwisata tak harus ke puncak terus, alihkan se dikit ke Desa. Berwisata di Desa lebih asyik dan menyenangkan plus berEdukasi, katena Agro Edu Wisata yang di gagas Desa Bantarsari untuk menyegarkan perekonomian masyarakat sekitar dan berwisata di Desa itu juga adalah belajar langsung dgn Alam, apalagi icon wistanya adalah Jambu Kristal,” utupnya.

Dari info yang di dapat pemdes bantarsari banyak menolak permohonan kunjungan dari yayasan dan sekolah tingkat SD sampai SMU dari luar kota bahkan luar daerah karena pihak pemdes sedang tahap sarana pendukung untuk para tamu yang akan berwisata ke desa bantarsari, bahkan saat ini prodak keturunan dari jambu kristal sudah banyak yang di hasilkan seperti Dodol, manisan, minuman sirup juga kue kering yang berbahan dasar dari jambu kristal.

 

 

ISP/ bidiknusantara.com

KOMENTAR

About The Author