alterntif text

Select Page

alterntif text

DINKES Kota Bogor Gelar Lomba Balita Sejahtera 2017

DINKES Kota Bogor Gelar Lomba Balita Sejahtera 2017

(Headlinebogor.com) – Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat menyelenggarakan Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) 2017 dalam rangka memotivasi orang tua untuk mendidik dan mengasuh anak dengan baik.

“Lomba ini mendorong orang tua untuk mengasuh anak dengan baik dari segi kesehatan umum, gigi serta tumbuh kembang balita,” kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan Gizi Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Elva Adhyaksani kepada Antara di Bogor, Rabu.

Lomba Balita Sejahtera Indonesia merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Lomba dilakukan berjenjang mulai dari tingkat keluarahan, lalu ke tingkat kecamatan dan puncaknya di tingkat kota.

Setiap kelurahan menyeleksi balita di wilayah masing-masing untuk diikutkan lomba di tingkat kecamatan. Tahap awal baru Kecamatan Bogor Tengah yang menyelenggarakan lomba, disusul lima kecamatan lainnya.

Dari Kecamatan Bogor Tengah terdapat 11 kelurahan yang mengirimkan 27 balitanya mengikuti LBSI. Setiap anak mengikut lomba dengan tiga kategori yakni dari gizi buruk ke gizi baik, kategori balita umur enam bulan sampai 23 bulan, dan 24 bulan sampai 59 bulan.

“Yang dinilai adalah kesehatan umum, kesehatan gigi dan kesehatan tumbuh kembangnya,” katanya.

Setiap anak menjalani pemeriksaan gizi, kesehatan gigi dan kesehatan umum oleh tim juri yang berasal dari dokter puskesmas dan bidan. Untuk pemeriskaan gigi yang dinilai sesuai umur dan kategorinya tumbuh kembang gizi, dan kondisi gigi apakah baik, sariwan dan tidak berlombang.

Begitupula untuk gizi baiknya, diukur sesuai usia anak dan berat anak. Dan kesehatan umum meliputi kondisi tumbuh kembang anak dilihat dari warna kulit, kesehatan kulit, warna rambut, kondisi telinga.

“Dari 27 anak terpilih masing-masing kategori tiga anak yang jadi juara satu sampai tiga. Mereka yang terpilih akan diikutsertakan dalam LBSI tingkat Kota Bogor yang digelar setelah Idul Fitri,” katanya.

Menurut Elva, program LBSI bertujuan untuk memotivasi para orang tua untuk mendidik dan merawat anaknya agar menjadi anak-anak yang sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik. Setiap tahun lomba digelar, diharapkan setelah mengikuti lomba para peserta dapat membagi ilmunya kepada warga di sekitar lingkungannya.

“Jadi ada transfer ilmu antara ibu-ibu yang mengikuti lomba dengan lingkungan tempat tinggalnya, sehingga diharapkan menumbuhkan kesadaran para orang tua, yang akhirnya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Bogor,” kata Elva.

(Bogor.net/Antara)

 

KOMENTAR

About The Author