Select Page

IFPBA Akan Bentuk Perwakilan Di Eropa | Headline Bogor

IFPBA Akan Bentuk Perwakilan Di Eropa | Headline Bogor

NASIONAL – International Federation of Procurement Bar Association (IFPBA) sebagai sebuah organisasi payung (umbrella organization) yang menjadi tempat bernaungnya organisasi Pengacara Pengadaan yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Keberadaan IFPBA dapat menjadi wadah peningkatan kapasitas dan kerjasama yang lebih luas lagi baik diantara sesama Pengacara Pengadaan atau Organisasi Pengacara Pengadaan maupun dengan berbagai lembaga internasional lainnya.

IFPBA berencana akan membentuk perwakilan Eropa pada September 2018 yang akan datang di Helsinki, Finlandia.

IFPBA sebagai corong aspirasi Pengacara Pengadaan di level internasional sudah seharusnya mengembangkan sayap ke berbagai negara di seluruh dunia dalam rangka mempromosikan Profesi Hukum baru yaitu Pengacara Pengadaan (Procurement Lawyer).

IFPBA juga pada beberapa waktu yang lalu telah menetapkan rencana strategis untuk membentuk sejumlah Perwakilan Resmi di beberapa wilayah di dunia yaitu:

IFPBA Regional Asia Tenggara
IFPBA Regional Asia Pasifik
IFPBA Regional Timur Tengah
IFPBA Regional Asia dan Oseania
IFPBA Regional Eropa
IFPBA Regional Amerika Utara dan Kanada
IFPBA Regional Amerika Latin
Ketujuh Perwakilan IFPBA tersebut diharapkan dapat terbentuk dalam waktu 2 (dua) tahun sehingga dapat menjadi corong asprirasi Pengacara Pengadaan di level internasional sekaligus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga internasional yang terkait dengan Pengadaan dan Hukum.

Masing – masing Perwakilan IFPBA akan dipimpin oleh seorang Regional Director yang akan menanggung jawabi kegiatan IFPBA di wilayah regionalnya masing-masing.

Keberadaan sebuah organisasi internasional yang kuat, solid dan profesional seperti IFPBA akan meningkatkan performa dan jaringan Pengacara Pengadaan agar dapat memberikan pendampingan hukum Pengadaan secara profesional, objektif dan independen.

IFPBA diharapkan dapat menaungi berbagai program sertifikasi Pengacara Pengadaan di level internasional termasuk membentuk Lembaga Mediasi dan Arbitrase Internasional di sektor Pengadaan Publik yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menyelesaikan sengketa kontrak Pengadaan internasional, sengketa kontrak Konstruksi Internasional dan sengketa kontrak Public Private Partnerships (PPP) di berbagai belahan negara di dunia.

Penulis :
SABELA GAYO, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPLE (Ketua Umum DPN APPI)

KOMENTAR