Select Page

Alumni Training Of Trainee Alquran Brailee Kabupaten Bogor Siap Terjun Ke Masyarakat | Headline Bogor

Alumni Training Of Trainee Alquran Brailee Kabupaten Bogor Siap Terjun Ke Masyarakat | Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – Suasana haru menyelimuti kegiatan Training Of Trainee (TOT) Alquran Brailee bagi Tunanetra pagi ini. Bagaimana tidak kebersamaan mereka selama 40 hari dalam mengikuti kegiatan TOT harus berakhir hari ini senin 14 Mei 2018.

Kegiatan yang sudah dimulai dari tanggal 4 April 2018 tersebut di prakarsai Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) yang selanjutnya dalam pelaksanaan nya dikelola oleh badan otonom yang sudah dibentuk IPSM yaitu Saku Amanah.

Dalam sambutan ya Direktur Saku Amanah Reliep Parhat amatlah sangat bersyukur, dimana dalam pelaksanaannya kegiatan pelatihan Alquran Brailee di Kabupaten Bogor bagi Tunanetra yang dilaksanakan selama 40 hari tersebut diberikan kelancaran hingga selesai.

“Hari ini kita telah melahirkan 20 orang penyandang disabilitas tuna netra yang siap kembali ke masyarakat untuk dapat mengajar kan ilmu membaca Alquran Brailee yang didapatnya pada kegiatan ini kepada teman teman atau masyarakat penyandang tuna netra lainnya agar dapat membaca Alquran Brailee, kami sampaikan pula Kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini, ini adalah angkatan pertama dan akan ada angkatan angkatan berikutnya ke depan.”ujar nya

Pada kesempatan tersebut direktur Saku Amanah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para donatur yang hadir sebagai undangan, dimana selama ini mereka turut serta membantu kegiatan ini sehingga terlaksana dengan sukses. Tidak lupa beliau juga ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas dedikasi nya selama kegiatan tersebut berlangsung.

Hadir pula pada kegiatan tersebut bapak Wasto selaku ketua komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor mewakili lembaga nya, dalam sambutan nya beliau mengatakan ” kegiatan seperti ini yang seharusnya di support penuh,”saya sangat apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan teman teman di IPSM atas pekerjaan yang luar biasa ini, Perlu adanya sosialisi yang lebih baik lagi ke masyarakat tentang kegiatan ini, dan tentunya ini akan menjadi perhatian kami di DPRD Kabupaten Bogor, kami akan ajak teman teman di dewan untuk Mengawal kegiatan ini agar siapapun pemimpin nya nanti dapat melanjutkan mengimplementasikan kegiatan kegiatan seperti ini” tambahnya

Hadir diantara 20 peserta Training Of Trainee Alquran Brailee Kabupaten Bogor, Anggota Komisi III DPR RI, Taufiqul Hadi, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto, S.hut, Danramil 2102/Cibinong, Kapten Inf. Paiman, Ketua Umum IPSM, Kabupaten Bogor, Dian Firmansyah, Ketua umum Pertuni, H. Ahmad, Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten, Dra. Lenny Rachmawati, M.Si, para staf SKPD Kabupaten Bogor dan segenap Ketua dan pengurus IPSM Kecamatan se-Kabupaten Bogor serta para donatur yang telah membantu kegiatan tersebut.

Bupati Bogor yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dra. Lenny Rachmawati, M.S dalam sambutannya mengatakan ” Kegiatan sosial tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya peran serta dari masyarakat, apa yang sudah dilakukan oleh kawan kawan di IPSM bersama SAKU AMANAH sangat lah menginpirasi. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesetiakawanan sosial masyarakat, agar memiliki kepedulian terhadap masalah sosial yang ada, agar permasalahan kesejahteraan sosial di Kabupaten Bogor bisa segera teratasi secara bersama-sama,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum IPSM Kabupaten Bogor dalam sambutannya menambahkan

“IPSM merupakan organisasi yang bertujuan membantu Pemerintah dalam hal ini Pemkab Bogor dalam menangani permasalahan sosial,” tuturnya.

Lanjut Dian Firmansyah, “Kegiatan ini hadir dari keresahan teman teman penyandang disabilitas Tunanetra, dengan APBD triliunan dan jutaan masyarakat Kabupaten Bogor tapi sedikit yang bisa membaca Alquran Brailee, Syukur Alhamdulillah dengan kegiatan ini hasilnya bukan cuma bisa membaca tetapi lebih dari itu, ketika mereka kembali ke masyarakat mereka sudah bisa mengajar kelompok tuna netra lainnya, Alhamdulillah dengan kata lain mereka yang pada awalnya datang ke IPSM sebagai Penyandang Kegiatan Sosial Masyarakat (PKSM) maka ketika mereka keluar dari sini predikat mereka berubah menjadi Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).” Ujar beliau menambahkan

“Harapan beliau dari kegiatan ini bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, karena bisa dikatakan kegiatan seperti ini baru pertama kali di selenggarakan dan itu berada diwilayah Kabupaten Bogor. “tandasnya

Acara yang berlangsung sangat sederhana tersebut diselingi dengan penyerahan Cindera mata secara symbolis kepada 4 orang perwakilan dari Training of Trainer Alquran Braille yang diserahkan secara bergantian oleh Anggota Komisi III DPR RI dilanjut oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor dan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos Kabupaten Bogor serta oleh Ketua Umum IPSM Kab.Bogor dan ditutup dengan
Pembacaan doa yang di lakukan oleh Ustadz Didin yang merupakan salah satu guru pembimbing dalam kegiatan Training Of Trainee Alquran Brailee sekaligus pimpinan salah satu pondok pesantren bagi Tunanetra.

KOMENTAR