Select Page

alterntif text

Antam Bangun Jembatan Wisata Gapura Taman Buah Cikaret

Antam Bangun Jembatan Wisata Gapura Taman Buah Cikaret

Nanggung (Headlinebogor.com) – Wisata Agro geoedutourism merupakan mimpi besar PT. Antam (Persero) Tbk. UBPE Pongkor, untuk membangun dan mengembangkan Kawasan Nanggung sebagai tempat wisata yang nantinya dapat menjadi destinasi wisata baru yang ada di kawasan Bogor Barat.

Peletakan batu pertama untuk pembuatan jembatan gapura taman buah cikaret adalah program keberlanjutan yang dilakukan oleh PT. Antam UBPE Pongkor, untuk menata dan mengembangkan objek wisata alam yang menuju kawasan Taman Buah Cikaret yang terletak di Desa Bantar Karet Kecamatan Nanggung.

General Menager (GM) PT. Antam Tbk, UBPE Pongkor I Gede Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah membangun gapura jembatan untuk menuju tempat wisata yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan masyarakat.

Salah satunya ialah pembangunan kawasan Taman Buah Cikaret yang terletak di Desa Bantar Karet.

“Dimana di dalamnya terdapat Curug Cikaret dan beberapa tempat lainnya. Diakuinya, saat ini sedang dilakukan pembangunan tempat wisata di beberapa desa yang ada di Kecamatan Nanggung. Hal ini merupakan wujud jadi program PT. Antam yakni Agro geoedutourism,” ujarnya kepada Publik Bogor.

Selain itu kata I Gede menambahkan, selain membangun wisata taman buah cikaret, antam pun saat ini sedang menata keberadaan Agro Geoedutourism atau Wisata Tambang Bawah Tanah.

Wisata tambang bawah tanah ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dirancang PT. Antam (Persero) Tbk, UBPE Pongkor dalam persiapan paska tambang tahun 2021.

Hal ini merupakan komitmen PT. Antam dalam upaya menjadikan Pongkor sebagai tempat wisata, yang dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi tambang.

Ia mengaku, melihat potensi wisata di wilayah Nanggung sangat besar. Terlebih, satu-satunya tambang yang ada di Indonesia dan dekat dengan kota adalah Pongkor. Sehingga menurutnya, sangat memungkinkan jika pihaknya membuat wisata taman buah Cikaret dan wisata tambang bawah tanah diarea lokasi tambang.

“Untuk pengelolaan, kami akan bekerjasama dengan pemerintah desa, untuk menggali potensi wisata yang ada di desanya. Kami harap setiap desa di Kecamatan Nanggung memiliki wisata unggulan,” kata I Gede Gunawan.

Lebih jauh Gede mengatakan, pembangunan kawasan wisata ini merupakan upaya mengembalikan kawasan Pongkor saat berakhirnya masa tambang, menjadi kawasan wisata yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Setelah izin tambang kami berakhir, kawasan pongkor pun akan kami tinggalkan, dan kami harap, dengan rencana besar ini. Maka pembangunan Nanggung sebagai destinasi wisata baru yang ada di Bogor Barat dapat mengembalikan ekologi, ekonomi dan soasial masyarakat Nanggung, khususnya yang berada di kawasan Pongkor,”bebernya.

Ia berharap, atas rencana dan mimpi besar PT. Antam (Persero) Tbk. UBPE Pongkor untuk membangun kawasan wisata tersebut, mendapatkan dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemkab Bogor, Pemerintah Desa dan masyarakat Nanggung.

“Jelas, ini harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, karena kami tidak dapat bekerja sendiri dalam mewujudkan hal ini,”  pungkasnya.

 

 

 

Wartawan : Agus/publikbogor.com

 

 

 

KOMENTAR

About The Author