Select Page

BPBD KABUPATEN BOGOR TINJAU LOKASI BANJIR I HEADLINE BOGOR

BPBD KABUPATEN BOGOR TINJAU LOKASI BANJIR I HEADLINE BOGOR

SUKARAJA – Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Bogor mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk meninjau lokasi banjir di Kampung Rawakalong RT. 08 RW. 05 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Pada hari senin (18 Desember 2017) BPBD Kabupaten Bogor bersama relawan Pasukan Reaksi Cepat (PRC) di dampingi oleh Ketua RT. 08 RW. 05 Kampung Rawakalong dan Bhabinkamtibmas Desa Cimandala, Polsek Sukaraja Kabupaten Bogor meninjau lokasi pasca terjadinya banjir yang merendam lebih kurang 200 rumah warga.

Hadi salah seorang petugas PRC BPBD Kabupaten Bogor menuturkan, bahwa dia dan timnya diperintahakan langsung oleh Kepala Seksi (KASI) Kesiapsiagaan BPBD untuk meninjau langsung lokasi terjadinya banjir.

“Banjir yang sering terjadi di Kampung Rawakalong RT.08 RW.05 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor sudah sangat mengkhawatirkan, perlu adanya tindakan pencegahan agar banjir tidak terulang kembali, dengan dibuatnya turap disepanjang sungai Ciluar yang berdampingan dengan pemukiman warga.” Tuturnya.

Hadi dan timnya sudah menyampaikan laporan hasil peninjauan lokasi yang terkena banjir kepada Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, selanjutnya BPBD menunggu laporan tertulis dari Pemerintah Desa Cimandala terkait peristiwa banjir yang terjadi di Kampung Rawakalong, agar dapat segera ditindaklanjuti penangannya.

Muchtar selaku Ketua RT. 08 RW. 05 Kampung Rawakalong berharap kepada Pemda Kabupaten Bogor untuk segera menangani banjir yang sering terjadi dikampungnya.

“Salah satu penyebab banjir dikarenakan oleh meluapnya air sungai Ciluar, ditambah lagi belum adanya turap di sisi sungai Ciluar yang berbatasan langsung dengan Kampung Rawakalong, dan perlu dilakukannya pengerukan sampah-sampah yang mengendap didasar sungai, karena ketika hujan deras air sungai tumpah ke pemukiman warga.” Ujar Muchtar saat ditemui oleh headlinebogor.com

Muchtar dan warga Kampung Rawakalong berharap adanya keseriusan Pemda Kabupaten Bogor untuk membangun turap disepanjang Kampungnya yang berbatasan langsung dengan sungai Ciluar.

Wandi Awan Djanuar

KOMENTAR