Select Page

Camat Cibungbulang Mengarahkan kepada pihak CRV untuk Kooperatif | Headline Bogor

Camat Cibungbulang Mengarahkan kepada pihak CRV untuk Kooperatif | Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – Camat Cibungbulang Yudi Nurjaman mengatakan kepada awak media, di dalam surat persetujuan izin lingkungan tersebut ada 9 Poin yang harus di sanggupi oleh pihak CRV yaitu :

1 Mengantisipasi terjadinya bencana alam longsor dengan cara membuat bronjong batu dan menanam pohon (penghijauan) dilokasi.
2. Melakukan koordinasi dengan aparat terkait apabila terjadi bencana.
3. Menghormati waktu ibadah bagi masyarakat setempat.
4. Pihak pengusaha dilarang menyediakan minuman beralkohol.
5. Menjalin kemitraan dengan UKM setempat dalam penyediaan Fasilitas tempat yang baik diluar maupun di dalam area wisata secara gratis.
6. Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban lingkungan setempat.
7. Memperkerjakan warga di sekitar lingkungan setempat.
8. Berpartisipasi dengan lingkungan setempat, Desa dan Kecamatan dalam mendukung berbagai kegiatan penyelenggaraan pemerintah baik di lingkungan warga setempat, Desa dan Kecamatan.
9. Pihak perusahaan dilarang beroperasi sebelum memiliki perijinan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Lanjut Yudi Nurjaman,”Dengan adanya surat persetujuan di buat dan apabila dikemudian hari tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, maka surat persetujuan ini dapat dicabut,” Tegas Camat Yudi Nurjaman. (8/05/2018)

Di tempat terpisah Kepala UPT Pengawas Bangunan III Wilayah Leuliwiliang, Agus sulistio mengatakan kepada awak media, ” kami sudah memberikan surat teguran pertama pada tanggal (23/04/2018) Dengan no surat 503.030/UPT.teg/LW/IV/2018 kepada Pimpinan CRV, yang berisikan :

1. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 11 tahun 2008. Tentang Pembentukan Dinas Daerah.
2. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 12 Tahun 2009. Tentang Bangunan Gedung.
3. Peraturan Bupati Nomor 86 Tahun 2016. Tentang pembentukan organisasi dan tata kerja unit pelaksana teknis (UPT) pengawas Bangunan pada Dinas perumahan, kawasan pemukiman dan pertanahan Kabupaten Bogor.
4. Peraturan Bupati Nomor 63 Tahun 2013. Tentang Izin Mendirikan bangunan Gedung ( IMBG ).

Lanjut Agus Sulistio,” hasil peninjauan dilapangan. Oleh pengawas Bangunan di wilayah Cibungbulang terhadap argo wisata alam CRV belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dan segera menghentikan kegiatan Pembangunan dan segera menyelesaikan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMBG). Jelas,” Agus Sulistio

Saat ditemui pihak Desa Cemplang staff Desa Asep Supriyadi mengatakan,” Sesuai arahan dari Camat bahwa pihak CRV harus merevisi ulang surat Perizinan lingkungan, yang nanti dikembalikan ke Kecamatan kemudian di analisa dan di serahkan ke Dinas Perizinan. Adapun surat rekomendasi yang sudah dibuat oleh Desa Cemplang dan sudah ditanda tangani oleh Sekcam itu di lanjutkan saja. Format surat yang sudah di revisi oleh pihak Desa di cek terlebih dahulu oleh penilik baru di tanda tangani ulang oleh warga sekitar. Yang di rubah itu adalah Esensinya, dimana Camat berharap ada kewajiban-kewajiban dari pihak Investor untuk bisa merekrut dan memperdayakan masyarakat sekitar. Selain itu unsur keamanan juga menjadi tanggung jawab pemilik CRV.

Harapan saya,” Pemilik CRV juga harus kooperatif dan segera menindak lanjuti surat perizinannya. Ungkapnya,” Asep Supriyadi.

Agil

KOMENTAR