Select Page

Advertisement

DPMPD Kabupaten Bogor Sosialisasikan SID Di Desa Sentul | Headline Bogor

DPMPD Kabupaten Bogor Sosialisasikan SID Di Desa Sentul | Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (UU Desa), serta Peraturan Bupati No 68 tahun 2017 tentang SID, memberikan harapan baru pada pembangunan di tingkat Desa. UU Desa sendiri memberikan ruang bagi desa untuk menjadi aktor pembangunan dengan mengedepankan prinsip subsidiaritas dan rekognisi atas keberadaan desa sebagai entitas kultural sekaligus pemerintahan.

UU ini secara filosofis, negara mengakui desa sebagai salah satu entitas sosio-kultural yang secara historis ada sebelum negara Indonesia dideklarasikan. Sebagai pionir Pemerintah Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Bogor menyelenggarakan Sosialisasi dan pelatihan tata cara pendataan Pendataan, yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin (11 Agustus 2018) bertempat di Aula Desa Sentul, Jalan Babakan Rawa Haur No 15 RT 004 RW 003 Desa sentul Kec Babakan Madang dilaksanakan Kegiatan ini.

Nana Haitami dari Unsur dinas DPMD Kabupaten Bogor, menyampaikan tujuan sosialisasi dan pelatihan tersebut adalah untuk mendata potensi desa serta kemampuan menganalisa permasalahan.

“Maksud dan tujuan dari pelatihan pendataan ini adalah yang pertama untuk pendataan potensi desa yang berbasis masyarakat, harapan dari pelatihan ini keluaran atau analisa ketika didesa itu ada masalah yang muncul contoh misalkan sanitasi kurang kemudian pendidikan tidak sesuai dengan Diknas itu programnya bisa lebih tepat pada sasaran,” ujar Nana

“Yang kedua adalah dalam rangka tertib adminitrasi, kita contohkan ketika Kepala Desa A di Desa tersebut menjabat data dan administrasinya lengkap,jumlah penduduk,potensi desa itu ada lengkap, tapi ketika Kades A digantikan oleh Kepala Desa B data akan hilang. Makanya pentingnya SID ini adalah Data bisa terjaga dan diakomodir oleh masyarakat luas, SID sangat penting juga untuk mengukur angka kemiskinan disuatu desa bisa terdata berapa pengeluaran per 1 keluarga dalam setiap bulannya, Sudah hampir 60 persen sosialisasi ini kita lakukan di kabupaten Bogor” tambahnya.

Murry salah satu staff Desa Sentul juga mengatakan “Sangat mengapreasiasi dengan adanya sosialisasi serta kegiatan Sistem Informasi Desa Khususnya Desa Sentul ini, tiada lain tujuannya adalah untuk mendata tentang sanitasi,lingkungan, ekonomi dan pendidikan agar terkoordinir dan terdata dengan baik dikantor desa”.

“Untuk jumlah peserta yang datang dari 35 RT data dan peserta yang masuk hanya 32 orang/RT dari keseluruhan 7 RW di Desa sentul ini. Harapannya masyarakat untuk lebih solid dan transfaran dalam kegiatan pendataan bagi petugas yang akan datang kerumahnya” ucapnya.

Salah satu peserta dari Rt 01 Rw 06 Hasanudin Desa Sentul ini mengatakan “Pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk kita sebagai pendata dan sekaligus sosial kontrol dilapangan,terkait pendataan Lingkungan, ekonomi dan Jenjang pendidikan sangat efektif serta berguna bagi suatu desa dalam pendataan secara serempak. Harapan saya untuk pelatihan ini bisa dilakukan dan dilaksanakan secara intens dan merata disemua daerah khusus desa di Kabupten Bogor” pungkasnya.

Blade

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *