alterntif text

Select Page

alterntif text

Mahasiswa PGSD UNPAK Habiskan Liburan dengan Mengabdi Pada Masyarakat

Mahasiswa PGSD UNPAK Habiskan Liburan dengan Mengabdi Pada Masyarakat

Bogor (Headlinebogor.com) – Label agent of change sedari dulu sudah sangat melekat pada mahasiswa. Mahasiswa dipercaya sebagai tunas pembawa perubahan bagi sebuah negara bahkan dunia. Selain itu, perguruan tinggi di Indonesia menganut Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Hima Guseda FKIP Unpak pun kian mengadakan program kerja yang merupakan pengaplikasian butir dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdain masyarakat. Hima Guseda beserta mahsiswa PGSD lainnya menggelar Milampah Elmu, dengan tema “Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

Selama empat hari Pengurus Hima Guseda beserta 15 relawan yang merupakan mahasiswa PGSD Unpak menggelar acara Milampah Elmu tersebut di Kampung Cibogo, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur. Pada hari kamis (03/08) yang merupakan hari pertama acara tersebut Drs. Dadang Kurnia, M.Pd. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKIP Unpak membuka sekaligus melepas para panitia dan relawan menuju tempat pelaksanaan yaitu Kampung Cibogo. “Acara yang melibatkan masyarakat seperti inilah yang sangat diharapkan, jaga selalu setiap tingkah, dan jagalah nama baik almamater”, tutur wadek 3 bidang kemahasiswaan FKIP UNPAK tersebut dalam sambutannya di acara pembukaan. Iqbal Febriansyah selaku ketua pelaksana menjabarkan tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk mewujudkan peran mahasiswa sebagai agent of change yang mana telah lama sekali peran tersebut terlupakan oleh mahasiswa pada masa kini.

Sesampainya di Kampung Cibogo, Panitia dan relawan mengadakan ramah tamah yang dilanjutkan dengan agenda Ngumbara (Ngumpul Bareng Warga). Dalam acara tersebut panitia dan relawan menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke kampung tersebut serta mereka saling bercengkrama dengan warga sekitar. Lalu dihari selanjutnya sesuai dengan bidang kejuruannya pengurus HIMA GUSEDA beserta relawan mahasiswa PGSD mempraktikan kemampuannya dalam mengajar siswa-siswa SD di 3 Sekolah Dasar Negeri di Desa Hegarmanah pada hari jum’at (04/08), yaitu SDN Hegarmanah 1, SDN Hegarmanah 2, dan SDN Sela Jambe 3.

Sejalan dengan pelaksanaan mengajar tersebut Tim Dosen PGSD pun turut menggelar Pelatihan Alternatif Model-Model Pembelajaran KTSP dan Kurikulum 2013 yang diikuti oleh beberapa guru di Kecamatan Sukaluyu. Selain mengajar dan pelatihan agenda Jum’at Bersih pun tak luput digelar. Panitia beserta ralawan pun membersihkan lingkungan sekitar kampung Cibogo.

Pada hari ketiga yaitu hari Sabtu (05/08) panitia dan relawan membantu warga sekitar kampung Cibogo dalam memanen, menanam, serta kegiatan bertani lainnya. Pada siang harinya dilaksanakan Bakti Sosial dengan membagikan 60 sembako hasil  donasi mahasiswa dan dosen PGSD Unpak serta  beserta donatur lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan di Kampung Cibogo tersebut. Pelaksanaan Bakti Sosial tersebut disambung dengan acara perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh anak-anak maupun orang-orang dewasa di kampung Cibogo dengan sangat antusias.

Tidak selesai sampai disitu masih bertajuk pengabdian pada masyarakat, Hima Guseda pun menggelar acara Sunatan Masal pada hari terakhir mereka di Kampung Cibogo (Minggu, 06/08), yang juga merupakan hasil sumbangsih dari donatur-donatur di lingkungan PGSD FKIP Unpak. 12 anak di sekitar Desa Hegarmanah diikut sertakan dalam agenda sunatan masal tersebut. Lalu pada siang harinya acara Milampah Elmu resmi ditutup oleh Ketua Program Studi PGSD Elly Sukmanasa, M.Pd., “Terimakasih anak-anakku tercinta, proses kalian dalam melewati acara ini memang tidak mudah, namun jadikanlah sebagai pendewasaan bagi kalian. Kalian adalah orang-orang hebat, saya yakin suatu saat nanti kalian akan memiliki peran yang penting di masyarakat”, tutur Kaprodi PGSD tersebut. Tak luput Kepala Desa Hegarmanah pun memberikan sambutan sekaligus ucapan terimakasih kepada para panitia, dosen, serta relawan, “Atas nama warga Hegarmanah saya ucapkan terimakasih, semoga semua pengabdian rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat kami”, ucap Tony, S.E. selaku Kepala Desa Hegarmanah.

 

KOMENTAR

About The Author