Select Page

PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Menjamin Ketersediaan Bahan Pangan Hingga Lebaran| Headline Bogor

PD.  Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Menjamin Ketersediaan Bahan Pangan Hingga Lebaran| Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, terus berupaya melakukan persiapan diseluruh pasar rakyat dibawah naungannya dalam rangka untuk memberikan rasa aman dalam berbelanja sekaligus demi memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor selama bulan puasa dan menjelang lebaran nanti.

Dari segi keamanan PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor telah mengeluarkan instruksi terkait peningkatan keamanan untuk semua pasar rakyat dibawah naungan PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor,yang mana dikarenakan bertambah banyak jumlah pengunjung yang berbelanja di pasar bulan puasa ini dan jelang lebaran nanti, besar kemungkinan berpotensi terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian dan pencopetan.

Kemudian dari segi keamanan pangan PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor juga sudah mengantisipasi dengan membentuk Satuan Tugas yang meneliti sekaligus menjamin keamanan semua Bahan Pangan yang dijual bebas dari kandungan zat zat yang berbahaya bagi kesehatan dimana kegiatan ini akan dilakukan terus menerus selama bulan puasa hingga lebaran nanti secara bergilir di seluruh wilayah kerja PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor.

Di lingkaran Internal juga dilakukan peningkatan pengamanan pasar, dengan tidak memperbolehkan nya berjualan barang barang yang mudah terbakar serta wajib memindahkan semua dagangan dagangan yang menggunakan kompor dihimbau untuk tidak dilakukan didalam pasar.

Yang tidak kalah penting dari itu semua adalah pengendalian harga sekaligus jaminan ketersediaan barang di pasar.
Untuk pengendalian harga dilakukan seminggu dua kali pengecekan agar dapat melihat perkembangan harga secara valid, dan untuk ketersediaan barang PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor melakukan Koordinasi dengan para stoker stoker penyedia barang apakah barang di gudang mereka cukup untuk memenuhi permintaan para pedagang dipasar, dan jaminan stok mereka cukup sampai dengan lebaran nanti.

“Untuk harga kita keluarkan kontrol nya setiap selasa dan jummat jadi kita bisa tau perkembangan harga ada kenaikan atau tidak selama bulan puasa ini sampai lebaran nanti.” ujar Direktur Utama PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor H. Romli Eko Wahyudi S.KH., MM.

Lebih jauh beliau menjelaskan “Selama puasa ini kenaikan harga tercatat hanya terjadi di H-2 jelang puasa dan H+2 awal puasa, yang dimana ketika masuk ke minggu ke dua bulan puasa harga cenderung menurun, dan kemungkinan akan kembali terjadi kenaikan 2 atau 3 hari menjelang lebaran nanti.” Jelas beliau.

Dinas Ketahanan pangan serta dinas peternakan dan perikanan sudah bisa memastikan bahwa secara stok persediaan selama bulan puasa dan lebaran nanti masih aman. Stok daging ayam di Kabupaten Bogor masih relatif aman turun kembali di harga RP. 38,000 per ekor, dimana sebelumnya hasil pantauan team headlinebogor.com dilapangan sempat mencatat adanya kenaikan harga daging ayam jelang bulan puasa kemarin yang sempat mencapai harga RP. 43,000 per ekor, bahkan ada salah satu pasar di Kabupaten Bogor, pasar ciseeng daging ayam dihargai RP. 50,000 per ekornya.

Sementara untuk daging sapi kategori segar juga relatif aman masih di kisaran harga RP. 120,000 per kg, ini bisa terjadi karena para pedagang mayoritas sudah mempunyai stok sapi sapi yang akan disembelih nanti jelang lebaran.

Kecuali daging beku mencapai RP. 110,000 per kg, dimana seharusnya HET dilapangan RP. 80,000 per kg peningkatan harga terjadi di pasar rakyat menjelang puasa kemarin mencapai angka RP. 110,000 per kg dimana sekarang sudah dikendalikan kembali menjadi RP. 90,000 per kg.

Dalam keterangannya Eko Romli menjelaskan

“Pemerintah tidak bisa mengendalikan harga tetapi hanya bisa menekan harga, karena kita tidak punya barang, kita hanya mengkomunikasikan dengan pemilik stokis barang dan perhimpunan para pemotongan ayam untuk menjaga stok agar aman, kalau harga sangat fluktuatif tergantung dari permintaan. Sebagai contoh menjelang puasa kemarin kenapa harga bisa naik padahal stok ada, Itu karena permintaan masyarakat yang tinggi sehingga memicu kenaikan harga. “Eko Romli menjelaskan ketika ditanya mengenai pemicu kenaikan harga di pasar.

Kerjasama yang dijalin PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor dengan kementerian perdagangan serta dinas perdagangan dan industri yang diback up oleh pemerintah provinsi Jawa Barat diwujudkan dengan menggelar operasi pasar dengan menyiapkan kurang lebih 5000 Ton daging Sapi beku yang akan dihargai sampai dengan 50%.PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor juga bekerja sama dengan beberapa CSR seperti Artha Graha peduli yang siap menyelenggarakan pasar murah, terutama sembako dan pasar murah daging minyak dan lain lain, juga tidak lupa mengandeng departemen perikanan dan kelautan dimana nantinya akan ada penjualan produk produk ikan murah untuk masyarakat Kabupaten Bogor.

“sebenarnya kita sudah bisa pastikan bahwa secara stok ketersediaan bahan pangan di wilayah Kabupaten Bogor itu aman dan terkendali, hanya saja kebiasaan yang seringkali terjadi di masyarakat pada saat menjelang puasa dan lebaran nanti men stok barang menyebabkan permintaan yang sangat tinggi dipasar dan itu dapat memicu kenaikan harga, jadi kami sarankan masyarakat tidak perlu panik dan menyetok barang terlalu berlebihan dirumah, karena kami menjamin stok aman hingga lebaran nanti.” Ujar Direktur Utama PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor H. Eko Romli Wahyudi S. KH., MM

Dalam kesempatan tersebut Eko Romli dalam kapasitas nya sebagai direktur utama PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor menghimbau masyarakat, dengan kondisi pasar rakyat yang jauh lebih baik dan akan terus lebih baik lagi kedepan nya sekarang ini agar mau berbelanja di pasar, dengan begitu selain kita sudah membantu kelangsungan hidup para pedagang, secara tidak langsung kita juga sudah menghidupkan kembali perputaran ekonomi kerakyatan.

Hasibuan

KOMENTAR