Select Page

Advertisement

Tingkatkan Profesionalisme Guru, SMA Dwiwarna Gelar Kegaiatan In House Training (IHT)

Tingkatkan Profesionalisme Guru, SMA Dwiwarna Gelar Kegaiatan In House Training (IHT)

Bogor (Headlinebogor.com) – Kurikulum senantiasa mengalami perubahan, agar disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan zaman. Salahsatu faktor yang menentukan kemajuan dunia pendidikan adalah perbaikan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) guru.

SMA Dwiwarna merupakan salahsatu SMA Rujukan di Kabupaten Bogor yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, ungkap kepala sekolah SMA Dwiwarna Bapak Ir. Nugrahantoro Yudo, M.Sc.

 

Untuk itu, SMA Dwiwarna melaksanakan kegaiatan In House Training (IHT) dengan tema “Pengembangan RPP Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), 4C (Comunication, Colaborative, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) dengan menggunakan Soal Evaluasi HOTS (Higher Order Thinking Skills)”. Pembicara yang hadir pada kegiatan tersebut merupakan Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan yaitu Dr. Nandang Hidayat, M.Pd dan Lufty Hari Susanto, M.Pd

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 45 guru yang terdiri dari guru SMA Dwiwarna, SMA School of Universe, SMA Nurul Falah, SMA An-Najjah Rumpin, SMA Nurul Iman dan SMA Riyadhl Jannah.

Tantangan abad 21 ini harus kita jawab dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan tidak melupakan karakter bangsa. Karakter bangsa harus senantiasa tertanam pada diri peserta didik dengan terus berupaya meningkatkan kemampuan literasi agar bisa menjawab tantangan tersebut. Kemampuan peserta didik harus terus ditingkatkan dengan meningkatkan proses pembelajaran dengan mengedepankan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah serta berpikir kreatif. Semua komponen ini harus terintegrasi dalam proses pembelajaran dan tertuang pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Proses integrasi antara pendidikan penguatan karakter (PPK), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), 4C (Comunication, Colaborative, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) dengan menggunakan Soal Evaluasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan suatu keniscayaan untuk menjawab tantangan di dunia pendidikan. (LHS)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *