Select Page

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa | Headline Bogor

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa | Headline Bogor

RAMADHAN – Bulan puasa cenderung membuat tubuh kita menjadi lemas dikarenakan tubuh kita yang sudah terbiasa menerima asupan energi dari makanan tiga kali sehari. Sedangkan pada saat bulan puasa, kita hanya dapat mendapatkan asupan pada saat maghrib hingga imsak. Apalagi padatnya kegiatan sehari-hari kita dari pagi hingga sore hari membuat tubuh kita menjadi lemas dan tidak fit.

Agar tubuh kita tetap fit berikut beberapa tips puasa anti lemas yang dapat kamu ikuti supaya tetap memliki tubuh yang bugar saat menjalankan ibadah puasa.

1.Hindari Konsumsi Gula Berlebihan
Menurut riset dari UCLA University, mengkonsumsi gula berlebihan dapat memberikan beberapa faktor yang tidak baik saat kamu berpuasa seperti; menyebabkan kelelahan berlebihan, berkurangnya motivasi untuk bekerja, menurunnya kinerja saat bekerja, serta meningkatnya resiko terkena diabetes. Sangat dianjurkan pada saat berbuka puasa untuk mengkonsumsi makanan manis yang tergolong sehat seperti kismis, kurma ataupun coklat jenis dark chocolate.

2. Hindari Makanan Junk Food
Menurut hasil studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical pada tahun 2011, manusia yang sudah terbiasa hidup sehat kemudian memakan junk food selama lima hari berturut-turut dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi, menurunnya kecepatan dalam bekerja dan membuat mood menjadi tidak baik. Melihat hal tersebut mungkin sebaiknya kita bisa mengganti junk food dengan makanan yang lebih sehat seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

3. Minum Air Putih yang Cukup
Sebuah penelitian dari University of Illinois mengatakan dengan meningkatkan jumlah konsumsi air putih sebanyak 1% dapat memberikan beberapa dampak yang baik bagi tubuh seperti; berkurangnya jumlah kalori, gula dan kolesterol yang ada dalam tubuh kita. Oleh karena itu pastikan kita mengkonsumsi air mineral yang cukup pada saat sahur maupun saat berbuka puasa.

4. Istirahat yang Cukup
Waktu istirahat kita saat bulan puasa pasti berkurang dikarenakan harus melaksanakan kegiatan sahur. Menurut Harvard Medical School, berkurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan obesitas, kemungkinan terkena diabetes, menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga meningkatnya nafsu makan. Oleh karena itu biasakan untuk istirahat yang cukup saat bulan puasa.

5. Mengkonsumsi Madu dan Kurma
Sejak dahulu, madu dan kurma sudah terpercaya khasiatnya sebagai suplemen alami untuk tubuh. Terlebih pada saat bulan puasa seperti ini, banyak yang menganjurkan untuk mengkonsumsi kedua makanan ini. Madu sendiri berkhasiat sebagai makanan yang dapat memberikan stamina serta meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Sedangkan kurma berkhasiat untuk mengurangi tekananan darah tinggi, mengurangi tingkat risiko stroke, membantu melindungi dari penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

KOMENTAR