Select Page

Babakti HJB 536 Cerminan Keberagaman Budaya Bogor | Headline Bogor

Babakti HJB 536 Cerminan Keberagaman Budaya Bogor | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Malam hari, Halamaan Plaza Balaikota Bogor dipenuhi para budayawan Kota Bogor, Selasa (14 Agustus 2018).Budayawan Bogor menggelar Ritual Babakti yang merupakan tradisi Sunda dalam rangka Hari Jadi Bogor Ke 536.

Kegiatan Babakti HJB 536 sendiri diinisiasi oleh Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) bersama Karukunan Warga Bogor (KWB) Kota Bogor, ritual babakti tersebut memang biasa dilakukan dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB). Yang sebelumnya telah diselenggarakan kegiatannya Ngumbah Kujang (Tugu Kujang-red).

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, rangkaian kegiatan Babakti biasanya dilaksanakan du awal agenda HJB sebelum “Ngumbah Kujang”, tinggal satu kegiatan lagi, yaitu Pawai Obor.“Babakti biasanya dilaksanakan di awal rangkaian HJB, namun karena banyaknya kegiatan di tahun dan di Bulan Juni ini, sehingga harus disesuaikan dengan keadaan, salah satunya tadi pagi hingga siang telah diselenggarakan penyambutan Obor Asian Games 2018, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” ujar Wakil Walikota, Saat memberi sambutan di acara Babakti.

Wakil Walikota, Usmar mengajak masyarakat untuk bisa memeriahkan rangkaian HJB yakni Pawai Obor yang akan melibatkan semua stakeholder Kota Bogor, dan warga masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, S.E., M.M menjelaskan kepada sejumlah awak media bahwa babakti adalah kegiatan doa bersama dalam adat istiadat sunda. Kegiatan ini selain memperingati hari jadi kota Bogor yang ke 536, merupakan bentuk rasa syukur terhadap Sang Pencipta dan ungkapan hormat terhadap para leluhur sunda.“Babakti itu kegiatan bersama dalam adat sunda, sebagai rasa syukur di hari jadi Bogor yang ke 536 kepada Sang Pencipta, juga penghormatan terhadap leluhur,” jelasnya.

Secara terpisah, H TB Alex Solihin, Ketua KWB Kota Bogor menjelaskan dan rasa bangganya kepada awak media bahwa Babakti saat ini berbarengan dengan peristiwa internasional, yakni di laluinya Kota Bogor oleh pawai api obor asian games 2018.

“Ini luar biasa, saya sebagai warga kota Bogor turut bangga. Selain memperingati hari jadi Kota Bogor, hari ini kita juga kedatangan event internasional yakni api asian games. Jadi ini cakupannya internasional,” jelasnya.

Ketua KWB ini juga menambahkan, bahwa kegiatan Babakti merupakan cerminan Kota Bogor, menyatunya beragam kebudayaan dan juga peristiwa yang ada secara lokal dengan dunia internasional.

“Kegiatan ini juga merupakan kesatuan dari berbagai keberagaman, dari berbagai perbedaan, khususnya Kota Bogor,” katanya.

Deroy/Blade

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *