Select Page

Bangun Ekosistem Data Science Di Indonesia, Neviim Gelar Bootcamp Planet Pintar Di Universitas Pakuan | Headline Bogor

Bangun Ekosistem Data Science Di Indonesia, Neviim Gelar Bootcamp Planet Pintar Di Universitas Pakuan | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Di Indonesia rekam jejak digital bertambah secara eksponensial, tidak hanya di bidang bisnis saja tapi data sciene mulai menjadi kebutuhan utama untuk industri, pemerintahan, kesehatan, industri, keuangan, jasa dan lain sebagainya. Saat ini teknologi informasi dengan variasi bentuk menyasar semua kalangan masyarakat dari kelas menengah hingga kelas bawah, mereka dapat mengakses beragam data dengan mudah kapanpun dan dimanapun, hal ini memicu talenta data scientist untuk terus bermunculan.

Berdasarkan data IBM dan Forbes diprediksi pada tahun 2020 terdapat 2,72 juta lowongan pekerjaan di bidang data science and analystics, naik empat kali lipat dari tahun 2017, yaitu sekitar 700 ribu lowongan pekerjaan. Dan untuk Indonesia permintaan terhadap data scientist terbilang sangat tinggi, namun SDM data scientist masuh belum mencukupi, dan salah satu penyebabnya adalah kurikulum yg digunakan perguruan tinggi di Indonesia sebagai pengantar ilmu science dan data enngineering masih bersifat textbook oriented, belum mengarah pada best practice di bidang industri, terutama terkait penggunaan tools. Dibutuhkan gebrakan atau gerakan sehingga memberikan ruang kepada talenta – talenta data scientist untuk siap terjun ke dunia profesional.

PT. Neviim Magen Teknologi sebagai perusahaan konsultan IT melihat peluang yang dapat diciptakan melalui data science dengan mendukung sebuah gerakan kolaboratif bernama Planet Pintar. Gerakan ini bertujuan menyelesaikan permasalah edukasi terkait data science di Indonesia guna menghasilkan para data scientist dan data engineer yang siap bersaing dan memberikan dampak signifikan pada taraf kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Planet Pintar sendiro berawal dari sebuah kanal edukasi digital berbasis kolaborasi yang digagas oleh Irfan Wahyudin seorang dosen Universitas Pakuan sekaligus Data Scientist di Neviim.

Bootcamp yang diselenggarakan di Universitas Pakuan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi – generasi muda Indonesia pada industri IT di market 4.0 yang condong ke data analis dan artificial intelligence yang pada akhirnya akan bekerja sebagai data scientist dan dara engineer mandiri.

Planet Pintar untuk pertama kalinya dibuat dalam bentuk seminar yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Prabu Siliwangi Universitas Pakuan dengan target 400 peserta. Kemudian akan dipilih 20 peserta yangvakan berkesempatan mengikuti workshop pembekalan untuk menjadi seorang data scientist yang berkompeten, dan akan dilanjutkan dengan terjun langsung mengikuti program internship selama 3 bulan yang disediakan oleh Neviim dan Docotel.

Untuk PT. Neviim Magen Teknologi merupakan perusahaam konsultan IT yang fokus pada konsultasi database dan middleware. Neviim memiliki slogan “We Aim Impac, percaya jika solusi terbaik tidak hanya dengan menyelesaikan masalah, tetapi juga memberikan dampak pada banyak aspek. Hal ini merupakan salah satu visi dari Neviim yang konsisten menjadi Deep Analytic Provider terbesar di Indonesia pada masa mendatang.

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *