Select Page

Bima Arya Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader | Headline Bogor

Bima Arya Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Bima Arya Sugiarto menyabet penghargaan Indonesia Visionary Leader dalam kategori Community-Based Leadership di The Westin Hotel, Jakarta, Selasa (27/3/2018). Dewan juri menilai Bima Arya sukses mengedepankan basis komunitas untuk bekerja bersama-sama mendorong perubahan dan upaya pencapaian tujuan pembangunan di Kota Bogor.

Sejumlah dewan juri yang terlibat merupakan para ahli yang terdiri dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono, Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Gunawan, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto, dan Ketua Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Andi Ilham Said.

Usai menerima penghargaan dari Koran Sindo itu, Bima Arya menyatakan, penghargaan tersebut akan menstimulus kepala daerah untuk terus bekerja dan berinovasi demi terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Yang paling luar biasa adalah bagaimana kepala daerah saling menginspirasi dan berkolaborasi. Karena apa yang kami lakukan banyak terinspirasi dari temen-temen kepala daerah yang lain. Kami berterimakasih kepada koran sindo karena telah memfasilitasi ini. Karena apa yang kami lakukan beberapa tahun terakhir, mendorong keterlibatan komunitas di Kota Bogor diparesiasi,” ungkap Bima.

Baginya, komunitas merupakan salah satu ‘aktor’ proses perubahan Kota Bogor sehingga harus dirangkul untuk sama-sama menggerakan daerah. “Ada tiga hal yang saat ini dihadapi oleh kepala daerah. Yang pertama keterbatasan anggaran, keterbatasan SDM, dan keterbatasan waktu. Semua serba terbatas. Untuk mengatasi keterbatasan itu, tidak ada pilihan lain untuk berkolaborasi. Semua keterbatasan itu bisa diatasi juga dengan tiga aspek lain, yakni pemerintah, korporat dan kampus. Konsep atau design dari kampus, pemerintah pastikan regulasi dan korporat bantu untuk funding dan lain sebagainya,” beber dia.

Dalam kesempatan itu, selain Bima Arya, sejumlah kepala daerah lainnya yang menyabet penghargaan dalam ajang Indonesia Visionary Leader antara lain Walikota Bandung yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Trenggalek yang juga Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Walikota Jambi Syarif Fasha, Walikota Makassar Danny Pomato dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan yang bertajuk ‘The Power of Collaboration’ itu Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, menyatakan kondisi ekonomi makro Indonesia saat ini lumayan baik dengan pertumbuhan di atas 5 persen. Namun demikian, katanya, jika dilihat di lapangan masih banyak hal yang belum maksimal khususnya di daerah-daerah. “Dengan semangat sinergi dan kolaborasi diharapkan mampu secara cepat dan tepat menjawab tantangan dan problematika zaman yang masalahnya kian kompleks di hampir semua lini kehidupan,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, tantangan bagi Indonesia ke depan adalah bagaimana bisa membangun masyarakat kelas menengah kebawah agar naik kelas dan menjadi produktif. “Paling tidak kalau tidak produktif, mereka bisa membiayai diri mereka sendiri apa lagi kalau mereka tumbuh mereka bisa menciptakan lapangan kerja, dan kalau mereka berhasil mereka bisa menjadi membayar pajak baru,” jelasnya.

KOMENTAR