Select Page

Advertisement

Forum Kebangsaan Cinta NKRI Gelar “Ngabuburit Kebangsaan”

Forum Kebangsaan Cinta NKRI Gelar “Ngabuburit Kebangsaan”

Bogor (Headlinebogor.com) – Tanggal 1 Juni sekarang ditetapkan menjadi hari libur Nasional oleh Presiden Jokowi menjadi hari lahirnya Pancasila.

Dewasa ini semakin banyak gerakan-gerakan radikal yang ingin memecah belah bangsa, dan tidak sedikit kelompok-kelompok yang anti Pancasila, dan yang ingin merubah ideologi bangsa.

Kegiatan kami ber Tema “Ngabuburit Kebangsaan” bertujuan untuk menyuarakan dan memeriahkan hari Lahirnya Pancasila, sehingga warga Indonesia khususnya Kota Bogor harus ingat dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam diri warga negara, apalagi di bulan Ramadhan ini.

Dalam sambutan Ketua GP Anshor, beliau mengajak seluruh warga negara Indonesia dan warga Bogor menjaga keutuhan NKRI, dan mengimplementasikan butir-butir Pancasila dalam kehidupan nyata.

Kegiatan yang kami buat dari berbagai unsur organisasi kemahasiswaan yaitu PMII Cabang Kota Bogor, GMKI cabang Bogor,  GMNI Cabang Bogor,  PMKRI cabang Bogor.

Adapun organisasi dari keagamaan yaitu GP Anshor, Basolia, PGIS, PGLII, Perkantas, organisasi konghucu, organisasi budha.

Dalam kegiatan tersebut, kami semua mengadakan Refleksi Pancasila dari perspektif agama, diwakili oleh pemuda-pemuda lintas iman.

Adapun kami merumuskan deklarasi dan kami kumandangkan yang dipimpin oleh Ketua PMII cabang Kota Bogor yaitu Farizal, yang bunyinya:

Deklarasi Kesetiaan Pancasila

Dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dan dengan keinginan luhur, kami berikrar:

  1. Tetap hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
  2. Tetap mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antar sesama manusia.
  3. Tetap menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
  4. Tetap mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat
  5. Tetap bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata  dan berkeadilan sosial.

Acara tersebut pun ditutup dengan doa lintas iman untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. (**)

Kiriman : Ygn

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *