Select Page

H. Fahrudin : Ompreng Adalah Solusi Mengurangi Sampah Di Sekolah | Headline Bogor

H. Fahrudin : Ompreng Adalah Solusi Mengurangi Sampah Di Sekolah | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Permasalahan sampah di perkotaan hingga kini menjadi prioritas dalam penanganannya. Tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kebersihan dan Pertamanan, namun semua harus ikut bagian dalam penanganan sampah.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, salah satu yang ikut andil dalam mengurangi sampah, dengan program “Ompreng Sekolah”, Disdik Kota Bogor berharap ke depan mampu mengurangi sampah kertas atau plastik pembungkus makanan.

Tidak hanya Sekolah Dasar (SD) yang diharuskan membawa ompreng makan, namun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor diharapkan dapat mengikuti jejak adik-adiknya di SD dengan membiasakan membawa ompreng ke sekolah. Ompreng sendiri digunakan ketika membeli jajanan tanpa kemasan, sehingga produksi sampah dapat ditekan seminimal mungkin dengan mengganti kemasan jajanan baik kertas maupun plastik.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor H. Fahrudin berharap program ini terus dapat digaungkan di sekolah – sekolah, tidak hanya di Kota Bogor namun di sekolah – sekolah di Indonesia, Kadisdik sambangi SMPN 14 dan SMPN 16 yang lokasinya berada di pinggiran terluar Kota Bogor, Senin, (3 September 2018)

Saat sidak di kedua SMPN tersebut, Kadisdik langsung menghimbau kepada seluruh siswa agar dapat membantu mengurangi produksi sampah dengan membawa ompreng ke sekolah dengan harapan seluruh sekolah dilingkungan Kota Bogor bebas dari sampah.

Tidak hanya itu, Kadisdik juga mengajak seluruh siswa untuk dapat bersama-sama menciptakan suasana sekolah yang asri, nyaman dan hijau dengan cara menata lingkungan sekolah serta menghijaukan sekolah dengan memanfaatkan setiap sudut-sudut kosong di sekolah disulap menjadi taman atau kebun mini. (*)

KOMENTAR