Select Page

Advertisement

Hujan Deras, Tiga Rumah Di Bondongan Ambrol

Hujan Deras, Tiga Rumah Di Bondongan Ambrol

Bogor (Headlinebogor.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor mengakibatkan  tiga rumah di Kampung Warung Bandrek, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, ambrol, Senin (5/6/2017).

Ketiga rumah yang ikut hanyut tersebut terletak persis di pinggir Sungai Cipakancilan. Saat hujan deras terjadi, air sungai mengalami kenaikan sehingga mengikis tebing rumah itu. Akibatnya, tebing setinggi tujuh meter tersebut ambruk diterjang derasnya aliran sungai.

Salah satu korban rumah longsor, Wawan Suwarta (62) menuturkan, dirinya sedang berada di dalam rumah bersama delapan anggota keluarga lainnya. Namun, ia bersama keluarganya dapat menyelamatkan diri setelah mendapat peringatan dari masjid jika air sungai mengalami kenaikan setinggi empat meter.

“Sekitar pukul 19:30 wib, saya dengar suara gemuruh batu jatuh dari belakang. Lalu ada pengumuman dari masjid kalau air sungai naik, saya sama keluarga langsung keluar,”  ucap Wawan.

Wawan menambahkan, selain rumahnya, ada dua rumah lainnya yang ikut ambrol. Namun, yang terparah dialami oleh Wawan, sedangkan dua rumah tetangganya ambrol di bagian dapur saja.

“Alhamdulillah semuanya selamat. Tapi ya tidak sempat bawa barang-barang. Rencananya saya sekarang mau ngungsi ke saudara,” ujar dia.

Semenatara itu, Relawan Sarana Komunikasi Timur (SAKTI) Kota Bogor Beker Saputra mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulanggan Daerah (BPBD) Kota Bogor.

Bekter menambahkan, sebanyak 10 anggota diterjunkan untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan di lokasi.

Nantinya, sebut dia, hasil pendataan itu akan segera dikoordinasikan agar korban longsor mendapat bantuan seperti pakaian dan makanan.

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. “Kita koordinasikan dengan BPBD, Tagana, sama instansi terkait untuk penanganan selanjutnya,” tutur dia.

 

 

(kompas.com)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *