Select Page

MPR RI MENGHADIRKAN HIDAYAT NUR WAHID DI KOTA BOGOR UNTUK MENSOSIALISASIKAN 4 PILAR MPR RI | Headline Bogor

MPR RI MENGHADIRKAN HIDAYAT NUR WAHID DI KOTA BOGOR UNTUK MENSOSIALISASIKAN 4 PILAR MPR RI | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Bertempat di Gedung Kemuning Gading Kota Bogor acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI diselenggarakan. Acara sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh MPR RI bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Berseri.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA, Anggota DPR RI Ecky Awal Mucharam,Wakil Walikota Bogor 2008 – 2014 Achmad Ru’yat, Mahasiswa, siswa serta warga masyarakat Kota Bogor

Empat Pilar MPR RI sendiri yaitu
1. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara
2. UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara & Ketetapan MPR RI
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara
4. Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara

Dalam penyampaiannya Achmad Ru’yat yang hadir sebagai pemateri menitik beratkan implementasi 4 Pilar MPR RI dalam pelayanan publik. Berikut sedikit pemaparannya

“Negara ini akan berjalan seperti apa tergantung kesepakatan politik pemimpin baik itu ditingkat pusat maupun daerah bersama anggota dewan di dalam merumuskan, merancang merencanakan, dan menetapkan APBN maupun APBD. Bangsa ini patut bersyukur telah ditetapkan Konsesi Nasional yang telah disepakati yaitu 4 Pilar MPR RI,”

Dalam sambutannya Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, Menyebutkan 4 Pilar MPR RI ini adalah 4 Pilar ini istilah yang telah populer dan sangat baik untuk mengingatkan publik dengan penjelasan dan tidak menyamaratakan.
Karena Mahkamah Konstitusi telah melarang menggunakan istilah 4 Pilar Kebangsaan karena dikhawatirkan disamaratakan Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, sosialisasi 4 Pilar ini dilaksanakan karena perintah dari UUD MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau disebut dengan MD3.

Saat ditemui awak media dan mempertanyakan seberapa banyak atau seberapa persen rakyat Indonesia telah memahami 4 Pilar, Wakil Ketua MPR RI tersebut bertutur

“Untuk survei perihal tersebut kami akan mencek ke sekretariat jendral apakah sudah melakukan survei itu atau tidak, yang jelas kegiatan sosialisasi harus terus dilaksanakan dan ini sangat penting dan kami akan mengevaluasi kegiatan tersebut. Sosialisasi inipun dilakukan dengan beragam cara, jika dilakukan survei orang per orang tentang sebarapa paham masyarakat memahami 4 Pilar tersebut, 85% mereka memahami dan itu sangat bagus.”

Roy | Onizar

KOMENTAR