Select Page

Partai Nasdem Kota Bogor Yakin Memenuhi Syarat | Headline Bogor

Partai Nasdem Kota Bogor Yakin Memenuhi Syarat | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Pasca Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, KPU Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan KPU Nomor 5  Tahun 2018 atas perubahan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, selanjutnya KPU RI juga mengeluarkan  Peraturan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dengan demikian semua Partai Politik baik yang lama dan baru akan dilaksanakan Verifikasi Faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Verifikasi di tingkat pusat dilakukan sejak Minggu, 28 Januari 2018, sementara di tingkat daerah dimulai 30 Januari 2018 hingga 1 Feberuari 2018.
Untuk memenuhi ketentuan peraturan tersebut diatas, pada hari kedua, hari Rabu, Tanggal 31 Januari 2018, Pukul 19.00 WIB, sebagaimana jadwal yang telah ditentukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mendatangi Sekretariat DPD Partai Nasdem Kota Bogor di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Pada kesempatan itu, hadir Komisioner KPU Kota Bogor, yang merupakan Anggota Divisi Teknis Penyelenggara dan Data Informasi, Samsudin, S. Hut, M.Si didampingi Kasubag Tekhnis Sekretariat KPU Kota Bogor, Dra Niken Andarini dan disaksikan Drs. Sasongko S. Putro, MM dari Panwas Pemilu Kota Bogor. Rombongan KPU Kota Bogor itu diterima Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bogor, Rd. Ian Mulyana Jaya Sumpena, SH, MH, CLA didampingi Sekretaris Daerah, Firdaus dan Bendahara Mirani Sofyatina, berikut seluruh jajaran pengurus DPD dan disaksikan oleh seluruh jajaran Dewan Pertimbangan Daerah yang dipimpin Ir Koko Murdokowiyoto, MM dan seluruh jajaran Dewan Pakar Daerah yang dipimpin oleh R. Pepen Rustam Efendi, SH, Ketua dan Pengurus DPC se Kota Bogor, serta Ketua dan Pengurus Organisasi Sayap Partai Nasdem yaitu dari Garnita, Garda Nasdem dan Liga Mahasiswa Nasdem. Turut menghadiri salah seorang pengurus DPW Partai Nasdem Propinsi Jawa Barat, kang Oni dan Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Jawa Barat, Dr Yeni Nuraeni dr, SH, MH.
Menurut Komisioner KPU Kota Bogor, Samsudin, bahwa verifikasi faktual ini dilakukan setelah verifikasi administrasi untuk melaksanakan ketentuan pasal 174 ayat (2) Pasal 178 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan pasal 5 ayat (2) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Jadi pada kesempatan ini kami akan melakukan verifikasi faktual terkait domisili Kantor atau Sekretariat, Kepengurusan DPD yang harus hadir dengan dibuktikan KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA), melihat pemenuhan 30 % keterwakilan perempuan dalam jajaran pengurus dan 10 persen anggota bagi partai dengan jumlah anggota maksimal 1000 orang dan/atau lima persen bagi keanggotaan lebih dari 1000 orang yang juga dilihat kesesuaian identitas antara KTP dan KTA, imbuh Samsudin menjelaskan.
Rd. Ian Mulyana, pada saat sambutan penerimaan menyatakan bahwa sebagai Parpol tentu hukumnya wajib untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana dijelaskan di awal tadi dan disesuaikan dengan data Sipol yang telah dikirimkan ke KPU Kota Bogor. In syaa allah kami siap untuk dilakukan verifikasi faktual oleh KPU, mudah-mudahan semua berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, lanjut Ian.
Pelaksanaan verifikasi dilakukan dengan terlebih dahulu melihat dokumen domisili kesekretariatan dan / atau kantor Partai Nasdem dipimpin oleh Samsudin yang dibantu staf KPU Kota Bogor, kemudian dilanjutkan dengan melihat struktur kepengurusan DPD Partai Nasdem yang hadir dengan memperlihatkan kesesuaian KTP dan KTA nya. Berikutnya adalah melihat komposisi 30 % keterwakilan perempuan dalam kepengurusan inti dan terakhir adalah jumlah anggota yang harus dihadirkan dalam verifikasi. Dari data sipol yang dikirim Partai Nasdem yaitu maka jumlah anggota yang harus dihadirkan dan atau diverifikasi berjumlah 64 orang anggota.
Pelaksanaan kegiatan verifikasi ini tanpa kendala yang berarti karena memang Partai Nasdem sudah siap untuk diverifikasi. Adapun secara tekhnis mengenai kehadiran anggota yang tidak sempat datang sekitar 5 orang dilakukan secara telecomprence atau melalui Video Call yang diverifikasi langsung oleh Komisioner KPU terhadap anggota yang berhalangan hadir.
Setelah melakukan verifikasi faktual tersebut di atas, tibalah saatnya kemudian Samsudin menyampaikan sambutan hasil pelaksanaan verifikasi. Samsudin dengan disaksikan Sasongko, Panwalu Kota Bogor, kemudian menyatakan bahwa untuk domisili kesekretariatan dan/atau Kantor, maka DPD Partai Nasdem dinyatakan Memenuhi Syarat. Untuk kepengurusan DPD yang hadir dan pencocokan KTP dan KTA, maka Partai Nasdem Kota Bogor dinyatakan Memenuhi Syarat. Sekaligus, kami melihat bahwa Keterwakilan 30 % perempuan dalam kepengurusan, Partai Nasdem telah memenuhi 100 % ketentuan tersebut dan Memenuhi Syarat, kata Samsudin. Terakhir untuk Verifikasi Anggota terhadap 5 % jumlah 1.280 anggota yang telah dikirim, maka 64 orang anggota yang diverifikasi. Anggota Partai Nasdem yang berhasil diverifikasi berjumlah 67 orang dan memenuhi syarat. Pernyataan Samsudin tentunya disambut gembira oleh Seluruh jajaran Pengurus DPD, Wantim dan Wankar dan seluruh anggota yang hadir. Hidup Restorasi, Restorasi, Nasdem, demikian kata-kata yang terlontar dari Pengurus dan seluruh anggota diiringi tepuk tangah riuh. Samsudin menyatakan bahwa hasil verifikasi ini akan dilanjutkan dalam Rapat Pleno Kota Bogor untuk dikeluarkan hasil keputusan Memenuhi Syarat tidak nya.
Sasongko S. Putro, dari Panwaslu Kota Bogor, kemudian menyatakan bahwa Panwaslu telah melihat dan menyaksikan proses pelaksanaan verifikasi faktual terhadap Partai Nasdem, dan semua dilaksanakan secara transparan, berjalan lancar dan tanpa ada kendala yang berarti, serta memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Ketua DPD Partai Nasdem, Rd. Ian Mulyana, menyatakan bahwa, walaupun ada kekhawatiran tadinya dalam menghadirkan pengurus dan anggota, karena bebarengan dengan kegiatan Shalat Khusuf di masjid-masid dan sebagian yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan dengan Super Blood Moon, berkat hasil kerja keras semua pihak yang solid, saling mendukung antara satu dan yang lain, akhirnya lelah itu terbayar. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas saran dan pertimbangan seluruh jajaran Dewan Pertimbangan, atas sumbangsih pemikiran dari seluruh jajaran Dewan Pakar dan atas semua energy, semangat, kreativitas dan sinergitas seluruh jajaran pengurus dan organisasi sayap partai, kata Ian. Mari kita sambut pelaksanaan Pemilu Presiden dan Anggota Legislatif 2019 dengan penuh suka cita. ujar Ian. Kalau sudah begini, Partai Nasdem Kota Bogor berani menargetkan 5 (lima) orang DPRD Kota Bogor dari 1 (satu) orang dari setiap daerah pemilihan, 1 (satu) orang DPR Propinsi dapil Kota Bogor dan 2 (dua) orang DPR RI, Ian bersemangat menambahkan

Sandi

KOMENTAR