Select Page

Advertisement

PERPISAHAN MAHASISWA PPL FKIP UNIVERSITAS PAKUAN di SMP NEGERI 18 KOTA BOGOR

PERPISAHAN MAHASISWA PPL FKIP UNIVERSITAS PAKUAN di SMP NEGERI 18 KOTA BOGOR

Bogor (Headlinebogor.com) – PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan bentuk nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi poin utama dan pertama, yaitu pendidikan dan pengajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan menyebar seluruh mahasiswa semester VIII ke sekolah-sekolah untuk mengaplikasikan ilmu perkuliahannya dan berkecimpung di dunia pendidikan yang sesungguhnya. Salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Unpak adalah SMP Negeri 18 Kota Bogor yang terletak di Jalan Jatiluhur, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Sabtu, 13 Mei 2017, mahasiswa praktikan melaksanakan perpisahan PPL yang dikemas dalam acara Pensi Dellas (pentas seni delapan belas) yang bekerja sama dengan Osis SMPN 18 Kota Bogor. Acara perpisahan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 18 Kota Bogor, Ruhiyat, S.Pd., M.Pd., para guru dan staf sekolah, Dosen FKIP yang menjadi dosen pembimbing mahasiswa praktikan PPL, yaitu Rita Istiana, M.Pd. dan Asih Wahyuni, M.Pd., dan mahasiswa praktikan, serta siswa-siswi SMPN 18 Kota Bogor.

Ade Reynaldy selaku Koordinator Mahasiswa PPL SMPN 18 Kota Bogor menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh guru, staf tata usaha, dan seluruh siswa karena praktikan selalu merepotkan selama berada di sekolah.

“Selain itu, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan selama ini. Sebagai mahasiswa, kami harus bisa mengambil ilmu dan menjadikan PPL bekal untuk menjadi seorang guru kelak karena singkatan PPL yang sesungguhnya ialah perhatikan, persiapkan, dan laksanakan” sambungnya dalam sambutan tersebut.

Rita Istiana, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah karena mahasiswa telah diterima dengan baik oleh pihak sekolah sehingga dapat menjalankan tugasnya sampai akhir. Pun, beliau mewakili pihak FKIP Unpak untuk menerima kembali mahasiswa praktikan PPL.

“Kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya dan terima kasih kepada SMPN 18 Kota Bogor. Semoga selalu ada kerja sama ke depannya dengan sekolah (SMPN 18 Kota Bogor) ini.” sambung Rita Istiana, M.Pd. dalam sambutannya.

Pihak FKIP Unpak menyerahkan sertifikat dan cendera mata kepada pihak sekolah yang diwakilkan oleh Asih Wahyuni, M.Pd. kepada guru pamong yang diberikan tugas membantu mahasiswa oleh kepala sekolah. Selain itu, Koordinator Guru Pamong, Yudir Suhaedir, M.Pd. menyerahkan nilai mahasiswa praktikan kepada dosen pembimbing yang diwakili oleh Rita Istiana, M.Pd.

Ruhiyat, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 18 Kota Bogor menyampaikan pesan yang begitu mendalam bagi mahasiswa praktikan. Beliau selalu mengawasi praktikan dan tak luput bertanya selama mahasiswa praktikan mengemban tugas di sekolah.

“Seorang pengajar harus memiliki sikap disiplin yang tinggi karena akan menjadi contoh bagi siswa-siswinya kelak. Sukses selalu untuk seluruh mahasiswa PPL FKIP Unpak yang bertugas di SMP Negeri 18 Kota Bogor.” pesan Kepala Sekolah SMP Negeri 18 Kota Bogor.***

 

 

Kiriman : Ai Nurhasanah

Foto : Siti Ambiya

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *