Select Page

Perpisahan PPL FKIP Universitas Pakuan di SMPN 19 Bogor

Perpisahan PPL FKIP Universitas Pakuan di SMPN 19 Bogor

Bogor (Headlinebogor.com) – PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan bentuk kerja nyata dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Butir pertama yang paling utama, yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan menjadikan salah satu utama untuk mahasiswa agar memiliki kualitas yang unggul, mandiri dan berkarakter yaitu dengan cara memiliki pengalaman yang baik dengan terjun langsung ke dunia yang nyata. Oleh karena itu, seluruh mahasiswa semester VIII menyebar ke sekolah-sekolah untuk mengaplikasikan ilmu perkuliahan dan berkecimpung di dunia pendidikan yang sesungguhnya. Salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Pakuan Bogor adalah SMP Negeri 19 Kota Bogor yang terletak di Jalan Raya Pemda Villa Bogor Indah, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Kamis, 18 Mei 2017, mahasiswa praktikan melaksanakan perpisahan PPL dengan acara yang sederhana, karna bagi kami “Bukan mencari kemewahan dalam acara perpisahan tetapi kami membuat acara perpisahan dengan hal yang sederhana ini menjadi hal yang sangat berkesan” ujar mahasiswa PPL. Acara kesederhanaan ini dihadiri oleh Kepala SMPN 19 Bogor, Tati Karwati, S.Pd., para guru dan staf sekolah, dosen FKIP yang menjadi dosen pembimbing mahasiswa praktikan PPL sekaligus panitia PPL di FKIP Universitas Pakuan, yaitu Rifki Risma Munandar, M.Pd, dan mahasiswa praktikan serta perwakilan siswa osis SMPN 19 Kota Bogor.

Amirul Hadid selaku Koordinator mahasiswa PPL SMPN 19 Bogor menyampaikan tanda terima kasih kepada semua pihak terutama pihak sekolah dari kepala sekolah yang sudah memberikan fasilitas kepada kami yaitu tempat singgah atau tempat dimana kami beristirahat, terima kasih juga kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau koordinator guru pamong SMPN 19 Bogor yang selalu mendukung dan membantu dalam segala aktivitas yang praktikan lakukan selama berada di sekolah. Serta yang tak pernah lupa bagi kami, yaitu para guru pamong yang banyak sekali membantu, yang selalu memberikan bekal ke kami dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami tidak miliki di kampus, dari hal yang tidak kami ketahui menjadi tahu kemudian pelajaran yang tidak kami ketahui dalam tindakan KBM, mereka adalah pahlawan tanpa jasa.

“Selain itu, saya beserta teman-teman mengucapkan permohonan maaf jika ada beberapa hal yang kurang baik dalam ucapan maupun tindakan kepada seluruh pihak sekolah, yang sudah banyak direpotkan oleh kami.” Sambungnya dalam sambutan tersebut.

Kepala Sekolah menyampaikan “SMPN 19 Bogor ini memiliki banyak potensi yang mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang unggul lainnya. Untuk mahasiswa PPL, terima kasih yang sudah menggantikan para guru dari mulai mengawasi hingga mengajar. Ini merupakan suatu hal yang membantu untuk kami. Saya doakan untuk mahasiswa PPL di SMPN 19 Bogor ini, Semoga cepet selesai skripsinya, cepat wisuda. sekali lagi apapun yang didapatkan mohon dicerna, ambil hal yang positifnya, jangan ditiru hal negatifnya  (Pesan dari Kepala SMPN 19 Kota Bogor.)

Rifki Risma Munandar, M.Pd., menyampaikan ucapan “Guru yang paling berharga adalah pengalaman tentunya” pengalaman-pengalaman yang diberikan oleh bapak dan ibu guru pamong tentu sangat berharga bagi mahasiswa. Kami sangat berterima kasih kepada guru pamong yang berkenan, secara ikhlas dan tulus mendidik mahasiswa kami, yang lebih dari guru-guru yang handal dan profesional karna bagaimanapun mahasiswa ini menjadi seorang pendidik yang profesional.

Pihak FKIP UNPAK menyerahkan sertifikat dan cendera mata kepada pihak sekolah yang diwakilkan oleh Rifki Risma Munandar, M.Pd, kepada kepala sekolah. Selain itu, Koordinator guru pamong, M. Arief Priyadi, S.Pd. menyerahkan nilai mahasiswa praktikan kepada pihak FKIP UNPAK yang diwakilkan oleh Rifki Risma Munandar, M.Pd. Kemudian, penyerahan plakat dan cidera mata dari mahasiswa FKIP UNPAK ke pihak sekolah, oleh Tati Karwati, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Bogor.(**)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *