Select Page

alterntif text

Anggota Saracan Raup Hingga Puluhan Juta

Anggota Saracan Raup Hingga Puluhan Juta

(Headlinebogor.com) – Divisi Humas Polri mengumumkan penangkapan pelaku buzzer penebar kebencian. lebih dari 800 ribu akun yang digunakan sindikat Seracen untuk menyebarkan kebencian di media sosial, menjadi bukti besarnya bisnis menebar kebencian berkembang di Indonesia, kondisi politik pun dimanfaatkan dengan maksimal bahkan menjadi ladang emas bagi para penyebar kebencian ini.

Polisi berhasil menangkap tiga orang anggota kelompok Saracen pada Rabu (23/8) diantaranya adalah dua oran laki-laki, Jasriadi, (32) dan Muhammad Faizal Tanong (43) juga satu orang perempuan, Ningsih (32). Ketiganya ditangkap di lokasi dan waktu berbeda.

Diketahui para pelaku mendapatkan keuntungan dari konten-konten berbau provokatif dan SARA seperti berita bohong (hoax) dan bahkan meme yang diproduksi terus-menerus sesuai permintaan kelompok tertentu.

Tak tanggung-tanggung, puluhan juta rupiah mereka kantongi dari bisnis tak bermoral ini. Total pendapatan yang didapat sindikat ini mencapai  Rp. 72 juta dan dibagi rata semua anggota.

Untuk menyewa jasanya Saracan mematok harga sebesar Rp 15 juta, sementara para buzzer dihargai Rp 45 juta untuk sebulan dengan anggota 15 orang, kemudian ketua sendiri mematok harga Rp 10 juta, dan ditambah biaya lainnya, menurut Kepala Bagian Mitra Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Awi Setiyono.

Para pelaku saat ini masih memilih bungkam prihal pihak mana yang menggunakan jasa mereka, kendati demikian pihak kepolisian sedang mendalami kasus ini sebaik mungkin. Para pelaku akan dihukum dengan tuduhan tindak pidana ujaran kebencian dengan konten SARA sebagaimana dimuat pada Pasal 45 yang merujuk pada Pasal 28 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dengan ancaman hukuman selama 6 tahun penjara.

 

(Anugrah Pratista)

KOMENTAR

About The Author