Select Page

Mendagri Resmi Melantik Mohammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar | Headline Bogor

Mendagri Resmi Melantik Mohammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar | Headline Bogor

BANDUNG – Sekitar pukul 10.00 lewat beberapa menit, proses pelantikan Penjabat Gubernur Jawa Barat, Komisaris Jenderal Muhammad Iriawan yang merupakan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iriawan akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, sampai gubernur dan wakil gubernur terpilih Jawa Barat hasil Pilkada dilantik.

Prosesi pelantikan dimulai ketika Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengenakan jas hitam dan dasi merah maju ke atas panggung, diikuti Komjen Iriawan yang mengenakan pakaian seragam kepala daerah warna putih. Sebelum mengambil sumpah, Menteri Tjahjo sempat bertanya pada Iriawan.

“Sebelum saya ambil sumpah, saya mau bertanya, apakah saudara Komisaris Jenderal Mohammad Iriawan bersedia diambil sumpah?”

Jenderal bintang tiga Polri yang juga mantan Kapolda Jawa Barat itu langsung menjawab sigap, siap dilantik. Tak lupa Tjahjo juga mengingatkan bahwa sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab besar kepada negara dan bangsa. Sumpah yang diucapkan juga harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan rakyat Indonesia. Setelah itu Tjahjo membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Iriawan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Jabar dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” Tjahjo membaca teks sumpah jabatan yang diikuti oleh Iriawan.

Setelah prosesi sumpah jabatan selesai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pakta integritas. Selanjutnya dilakukan acara serah terima jabatan ke Penjabat. Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan maju didampingi dengan Pelaksana Harian Gubernur Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa. Usai serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri untuk mantan Gubernur Jabar, Plh Gubernur Jabar, dan Penjabat Gubernur Jabar. Plakat diserahkan langsung Mendagri.

Selesai itu, mantan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan naik panggung kembali untuk memberi kata sambutan. Dalam kata sambutannya, mantan orang nomor atau di Jabar yang akrab dipanggil Aher itu mengatakan, ia merasa bersyukur telah selesai melaksanakan tugas. Dan ia juga bersyukur kini sudah dilantik Penjabat Gubernur yang akan melanjutkan tugasnya. Baginya Komjen Iriawan bukan orang asing. Ia sudah lama kenal dekat dengan Iriawan

“Sosok Pak Iriawan tak asing. Beliau pernah jadi Kapolda Jabar,” katanya.

Aher pun sempat menceritakan suka dukanya menjadi Gubernur Jabar selama dua periode. Banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi. Tentu banyak yang diraih dan diwujudkan. Tapi ia juga akui, banyak juga kekurangan yang harus diperbaiki.

“Ada tantangan. Dan selama 10 tahun dapat saat jalani dengan rasa syukur. Tentu banyak kekurangan. Tapi saya sepenuh hati dengan segenap kemampuan saya, tenaga dan pikiran tercurahkan untuk kemajuan masyarakat Jabar,” kata Aher.

Menurut Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan, pengangkatan Komjen Iriawan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 106/P tahun 2018 Tanggal 8 Juni 2018. Tjahjo percaya Iriawan akan melaksanakan tugas dengan baik sesuai tanggung jawab yang diberikan.

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *