Select Page

Penyebab Kemacetan, YLKI Minta Pemerintah Audit Kesiapan Rest Area | Headline Bogor

Penyebab Kemacetan, YLKI Minta Pemerintah Audit Kesiapan Rest Area | Headline Bogor

JAKARTA – Untuk arus mudik tahun ini Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk dapat memeriksa kesiapan rest area di sepanjang jalan tol yang menyambungkan Jakarta-Surabaya (Trans Jawa)

YLKI meyakini penggunaan tol untuk arus mudik pada Idul Fitri tahun ini akan bertambah, dan kemungkinan kemacetan di jalan tol Trans Jawa akan lebih meningkat dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

“Tersambungnya tol Trans Jawa dari Merak ke Surabaya akan mengakibatkan kebangkitan lalu lintas signifikan di jalan tol,” ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi

“Sangat mungkin kemacetan di jalan tol akan lebih parah daripada kemacetan mudik Lebaran tahun sebelumnya,” tambah Tulus

Dan rest area menjadi titik yang krusial. Dikarenakan sudah bukan rahasia umum kalau rest area justru kerap menjadi penyebab kemacetan parah di jalan tol.

Oleh karena itu, YLKI meminta adanya audit keandalan rest area di sepanjang jalan tol Trans Jawa. Auditnya mulai dari akses air bersih yang cukup di toilet, penyediaan toilet portabel, penyediaan mushala yang lebih luas.

YLKI juga berharap pemerintah memastikan tidak ada antrean panjang di SPBU, kontrol harga makanan, hingga pemberlakuan buka tutup rest area yang sudah melebihi kapasitas.

KOMENTAR