Select Page

Pimpin Langsung Rakor, Menhub Kumpulkan Semua Instansi dan Stakeholder Sektor Transportasi | Headline Bogor

Pimpin Langsung Rakor, Menhub Kumpulkan Semua Instansi dan Stakeholder Sektor Transportasi | Headline Bogor

JAKARTA – Demi Mendorong kelancaran arus lalulintas angkutan Lebaran 2018 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada Korps Lalulintas Kepolisian Republik Indonesia
( Korlantas Polri ) untuk menjadi Koordinator lapangan selama penyelenggaraan angkutan lebaran 2018 berlangsung.

Hal ini beliau sampaikan dalam Rapat Koordinasi terkait Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 yang beliau pimpin langsung.

Dihadapan sejumlah Instansi dan stakeholder sektor transportasi beliau mengatakan

” Kita minta kepada Polri,Korlantas sebagai Koordinator hingga melakukan penanganan di titik titik rawan macet dan kordinasikan dengan stakeholder khususnya dengan tim kementrian PUPR,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Beliau juga meminta kepada PT Jasa Marga untuk memperhatikan kepadatan di setiap rest area sekaligus menindak lanjuti apa yang menjadi catatan dari Polri nantinya, diantaranya perbaikan jalan yang berlubang dan menghentikan sementara kegiatan konstruksi selama berlangsungnya kegiatan lebaran 2018.

Secara khusus Menhub Budi ingin agar Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dibawah koordinasi kementrian PUPR untuk kembali memastikan kesiapan jalur fungsional dari Brebes – Pemalang – Salatiga – Solo dan juga sekitar Kertosono. Hal ini menjadi penting agar persoalan pada mudik tahun lalu tidak kembali terjadi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ) Herry Trisaputra Zuna turut menyampaikan bahwa pihaknya akan menyiapkan sejumlah rest area tambahan,
khususnya di ruas tol Semarang – Batang dimana nanti rencananya akan disiapkan rest area setiap 10 kilometer yang dilengkapi fasilitas seperti toilet,musholla dan tempat istirahat.

Menhub Budi juga menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan pembahasan oleh Kemetrian Ketenaga kerjaan ,Kementrian Agama,dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mengupayakan adanya libur tambahan yang akan diputuskan dalam waktu dekat.

Selain itu menhub Budi juga mendorong Kementrian Ketenagakerjaan untuk membayar Tunjangan Hari Raya paling lambat satu minggu sebelum lebaran.

Turut hadir pada Rapat Koordinasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 diantaranya Sekretaris Jenderal Sugihardjo, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Kepala Balitbang Umiyatun Hayati Triastuti, Kepala Basarnas M. Syaugi, Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani, dan sejumlah instansi terkait seperti Polri, Kementerian Ketenagakerjaan, BMKG, BUMN dan Asosiasi sektor transportasi.

Delly

KOMENTAR