Select Page

Tahun 2018 Pendaftaran CPNS Cukup 1 Portal | Headline Bogor

Tahun 2018 Pendaftaran CPNS Cukup 1 Portal | Headline Bogor

JAKARTA – Jelang pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan mekanisme CPNS di Rakornas Kepagawaian, 11 Juli 2018 mendatang. Namun, diungkapkan dalam akun twitter resmi BKN, @BKNgoid, CPNS 2018 akan dilakukan dengan mekanisme sistem terintegrasi.

Saat ditemui dalam wawancara dengan Tim Humas BKN, Senin (2 Juli 2018) Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN yang juga salah satu Keynote Speaker dalam Rakornas Kepegawaian 2018 menyampaikan bahwa BKN selaku pelaksana kegiatan penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2018 berencana menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi dalam penerimaan studi tes nanti. Menurutnya sistem tersebut akan memangkas alur penyelenggaraan
seleksi, salah satunya dalam mekanisme pendaftaran.

“Jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional– red ),” beber Iwan.

Iwan juga menambahkan bahwa rencananya dalam pelaksanan seleksi CPNS pun juga hanya akan menggunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN) yang dari hari ke hari semakin memikat kepercayaan publik karena obyektivitas dan transparansi yang mampu dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi selama ini.

Sebelumnya, BKN juga menjelaskan tentang Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN. Karena telah dijelaskan di BKN, para peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.
Dijelaskan BKN, para peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.

“Peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.

Terdapat 3 jenis tes dalam SKD CAT BKN, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 35 soal, TIU (Tes Intelegensia Umum) 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal”.

Melalui laman Twitter resmi BKN dikutip dari TribunJogja, ini penjelasan tiga tes yang akan dihadapi calon peserta penerimaan CPNS 2018 :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): menilai penguasaan pengetahuan & kemampuan implementasi nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI (sistem tata negara, sejarah perjuangan, peranan dalam regional maupun global, & kemampuan berbahasa Indonesia secara baik & benar).

2. Tes Intelegensia Umum (TIU): menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan (menyampaikan informasi secara lisan & tulis, numerik: operasi perhitungan angka & melihat hubungan angka, berpikir logis: penalaran secara runtut dan sistematis, & berpikir analitis: mengurai suatu permasalahan secara sistematik).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP): menilai integritas diri, semangat prestasi, kreativitas & inovasi, orientasi pelayanan, kemampuan (adaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri & tuntas, kemauan & belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok, & menggerakkan & mengkoordinir orang lain).

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *