Select Page

Dominasi Bandung Rontok, Kabupaten Bogor Juara Umum Porda XIII | Headline Bogor

Dominasi Bandung Rontok, Kabupaten Bogor Juara Umum Porda XIII | Headline Bogor

CIBINONG — Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jabar XIII tahun 2018 telah usai dan seremoni penutupan digelar pada Senin malam (15/10/2018) di Stadion Pakansari-Cibinong, Kabupaten Bogor. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum, memimpin acara penutupan event bergengsi itu didampingi Bupati Bogor Hj.Nurhayanti.

Dalam Porda kali ini, Kontingen Bandung dibuat rontok oleh kontingen Kabupaten Bogor tampil yang digjaya di hampir semua cabang olahraga (cabor) dan menjadi juara umum dengan mengoleksi total medali 544 yang terdiri dari 256 medali emas, 146 medali perak, dan 142 medali perunggu. Posisi kedua diraih oleh Kota Bandung dengan medali 418 medali terdiri dari 131 medali emas, 150 medali perak dan 137 medali perunggu.

Peringkat ke tiga diraih oleh Kabupaten Bekasi dengan total medali 329 medali, terdiri dari 88 medali emas, 195 medali perak dan136 medali perunggu. Lalu peringkat ke empat dihuni oleh Kota Bogor dengan total medali sebanyak 162 medali terdiri dari 57 medali emas, 35 medali perak dan 70 medali perunggu.

Dalam sambutannya, Wagub UU Ruzhanul mengungkapkan bahwa Jawa Barat masih mampu mengadakan kegiatan yang membanggakan. Sebab Porda kali ini adalah Porda terbesar yang pernah diadakan tidak saja di Jawa Barat namun juga di Indonesia. “Mempertandingkan 60 Cabang Olahraga, 879 Nomor pertandingan dan memperebutkan 3.063 medali. Dengan jumlah atlit 9.489 dan 4.666 official,” katanya.

Wagub Uu juga mengatakan penyelnggaraan Porda kali ini adalah salah satu bukti bagaimana kolaborasi seharusnya berjalan. Ada 7 Kab/kota yang terlibat yakni Kab. Bogor, Kota Depok, Kota Bogor, Kab.Karawang, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Pangandaran semuanya bersinergi untuk mencapai kesuksesan.

“hal yang ingin dibangun pada Porda XIII Jawa Barat adalah tetap membara spirit asian games, dimana olahraga menjadi sumber energi bangsa untuk tetap bisa membangun dan berkarya, Porda kali ini menjadi ajang kesiapan Jawa Barat dalam menghadapi PON XX Papua tahun 2020 dan bisa mempertahankan posisi sebagai juara umum dengan tetap mempertahankan nilai-nilai sportivitas dan nilai juang,” ujarnya.

Ia juga berharap Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang sebagai tuan rumah Porda XIV yang akan datang bisa melanjutkan kisah sukses dari penyelenggaraan Porda kali ini. “Tantangan di masa depan akan semakin berat, namun sedikit banyak kita tetap harus bisa memberikan apa yang terbaik yang kita miliki,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti mengatakan dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Porda XIII Jawa Barat ini, Pemerintah dan warga masyarakat Kabupaten Bogor serta selaku ketua umum panitia besar Porda mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KONI Provinsi Jabar atas kepercayaan dan dukungannya, serta kepada para peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah berpartisipasi. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *