Select Page

Advertisement

MENABUNG BISA MEMBUATMU BAHAGIA | Headline Bogor

MENABUNG BISA MEMBUATMU BAHAGIA | Headline Bogor

Oleh : Akhmad Nursyeha

Jika kita bisa menyisihkan uang jajan dan menyimpan uang tersebut ke dalam celengan tentunya merupakan suatu keniscayaan yang indah, karena dengan begitu kita bisa menabung dan dikit demi sedikit uang kita akan terkumpul banyak. Yunus merupakan mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan yang saat ini sedang mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 18 Kota Bogor. Banyak murid Yunus yang tentunya bertanya tentang hobinya, dan kebanyakan orang pasti mengaitkan hobi tersebut dengan hal kesukaannya, seperti halnya membaca, menulis, menggambar bahkan bernyanyi, dan ada pula kids zaman now mengaitkan hobi tersebut dengan penggunaan aplikasi di gadget pintar yang memang menurut mereka itu merupakan sebuah hobi yang mereka suka. Sah-sah saja bagi semua orang yang memiliki hobi apapun itu. Dan pada akhirnya Yunus memberikan sedikit inspirasi kepada murid-muridnya, tentunya mereka penasaran ketika Yunus menjawab hobinya adalah menabung, mereka heran kenapa menabung itu merupakan suatu hobi, padahal masih banyak hobi-hobi yang lain yang kita bisa lakukan secara terus menerus dan membuat kita terhibur.

“Kakak memang hobinya menabung, kenapa hayo?” saya menjawab sekaligus memberikan pertanyaan yang membuat mereka semakin penasaran.

Ketika waktu istirahat Yunus menyempatkan untuk berbincang dengan murid-muridnya di taman depan kelasnya. Mereka masih memperdebatkan kenapa hobi saya itu harus menabung dan bukan hal lainnya, seperti memperdebatkan susu itu lebih enak diaduk atau dikocok, tetap saja itu selera masing-masing tergantung orang yang mau meminum susu tersebut. Sebenarnya sederhana dan Yunus sedikit memberikan pemahaman dan pengalaman hidup kepada murid-muridnya.

Menabung itu adalah kunci menuju segala pintu keinginan kita, karena dengan menabung segala keinginan kita pasti terwujud. Dari kecil memang Yunus gemar sekali menabung, disaat umur Yunus enam tahun ia masih mengingat hadiah ulang tahunnya adalah sebuah celengan ayam jago yang berukuran kecil dan seperti halnya kebanyakan anak kecil yang polos yang belum mengetahui apa itu celengan.
Waktu itu di rumahnya masih menggunakan radio tape untuk memutar sebuah lagu dan kebetulan ibu Yunus memutarkan sebuah lagu anak-anak yang berjudul menabung, dan disitulah ibunya sedikit bercerita tentang ayam jago hadiah ulang tahunnya yang ia kira itu adalah sebuah mainan. Setelah paham apa itu menabung, Yunus selalu menyisihkan uang jajannya dengan tujuan ia bisa membeli sebuah sepeda. Dan pada akhirnya dikit demi sedikit hasil uang yang Yunus tabung dicelengan ayam jago itu sudah penuh dan tiba saatnya Yunus memecahkan sahabat kesayangannya itu yaitu celengan ayam jago. Yunus benar-benar bahagia karena setelah pecahnya celengan itu tentu banyak sekali uang yang Yunus kumpulkan hampir satu tahun lebih. Impian Yunus untuk memiliki sebuah sepeda akhirnya terwujud.

Ketika beranjak dewasa Yunus mulai menabung di bank, dan itu merupakan wujud kesetian Yunus terhadap hobi tersebut. Bayangkan jika kita menabung terus menerus sejak dini, tentunya banyak keinginan kita yang akan terwujud, apapun itu. Hobi itu memang macam-macam dan hobi itu bisa melahirkan sebuah keinginan yang membuat bahagia. Sama halnya dengan hobi Yunus yaitu menabung, karena dengan menabung kita bisa membangun cita-cita untuk menggapai sebuah kebahagian.

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *