Select Page

Optimalisasi Organisasi Guna Memperkuat Eksistensi | Headline Bogor

Optimalisasi Organisasi Guna Memperkuat Eksistensi | Headline Bogor

Organisasi merupakan kumpulan dari beberapa orang yang berkumpul guna mencapai tujuannya. Dalam kehidupan organisasi pasti banyak orang yang menggerakkan atau bekerja agar terus menunjukkan eksistensinya. Banyak nama untuk menyebut orang-orang yang menggerakkan organisasi, ada dewan pengurus cabang, presidium, pengurus besar, pengurus pusat, badan pengurus cabang.

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) merupakan salah satu organisasi yang berbasiskan mahasiswa Kristen Indonesia. Memiliki tingkatan, ada ditingkat pusat yang disebut Pengurus Pusat (PP), ada ditingkatan cabang (kota/kabupaten) yang disebut Badan Pengurus Cabang (BPC), ada lingkup yang paling kecil yaitu komisariat.
GMKI secara nasional sudah memiliki 91 cabang dan beberapa calon cabang yang segera di hidupkan. Salah satu cabangnya adalah GMKI Cabang Bogor.

GMKI Cabang Bogor yang disahkan dalam forum Kongres Nasional tahun 1953 telah melahirkan banyak kader. Dengan banyaknya kampus di Bogor dengan jurusan yang berbeda, potensi kader yang dihasilkan sangat beragam. Dari pantauan penulis, ada yang pernah posisi Menteri, Pimpinan NGO Internasional, Rektor, Dirjen Kementrian, Kepala Daerah, Staff Ahli, Pengusaha, Advokat dll. Ini merupakan potensi yang besar untuk bisa menunjang keberlangsungan organisasi.
Dalam membuat diskusi tematik (pertanian, hukum, kelautan, pemberdayaan masyarakat) tidak susah untuk mencari pematerinya, karena punya kapasitas didalamnya. Kader-kader yang sudah sukses (senior) merupakan aset yang sangat besar yang harus “diberdayakan” dengan baik. Memintanya menjadi pembicara, mengisi seminar seraya berbagi cerita dan pengalaman dengan adik-adik seperti mengembalikan memori dimasanya menjadi aktivis.

Dalam menunjang organisasi perlu tempat untuk berkumpul. GMKI Cabang Bogor saat ini memiliki dua tempat, yang satu sebagai Sekretariat yang berada di Kota Bogor dan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang berada di Dramaga. Sekretariat mempermudah dalam membuat kegiatan, tempat rapat, konsolidasi kampus. Dalam sekretariat ada perpustakaan, meja, kursi, aula yang mampu membuat kader nyaman berada didalamnya untuk menimba ilmu, berkreatifitas. Sebagai kader harus mensyukuri hal tersebut.

Optimalisasi Organisasi
Di awal judul, penulis memberi kata optimalisasi. Optimalisasi adalah menggunakan potensi-potensi yang ada di cabang secara penuh. Dengan adanya optimalisasi, berharap banyak potensi yang akan didapatkan apalagi GMKI Cabang Bogor yang merupakan lembaga non-profit biasanya minim dana untuk menjalankan kegiatan dengan adanya optimalisasi maka pengurus (Badan Pengurus Cabang) diajak untuk berkreatifitas. Salah satu kreatifitas yang dilakukan dengan membuat makanan yang dijual ke kosan mahasiswa. Tak perlu dipungkiri bahwa organisasi perlu uang agar tetap berjalan.
Optimalisasi juga mengajak orang-orang yang ada didalamnya untuk belajar menghargai satu sama lain, menambah kapasitas/pembobotan orang didalamnya.
Potensi yang patut dibanggakan adalah kader yang ialah senior dan kader-kader baru yang memiliki ide pemikiran yang luar biasa. Kader ialah aset intelektual yang perlu dibina dan jaga dengan baik. Pemikiran, ide, gagasan, cara pandangnya adalah talenta yang tak semua orang memilikinya.

Dalam lingkup organisasi, GMKI Cabang Bogor sudah memiliki Statuta Cabang. Statuta Cabang merupakan suatu peraturan yang mengatur serta mengikat semua anggota dan alat kelengkapan organisasi termasuk mekanisme kerja yang belum diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Statuta Cabang adalah sebuah roh organisasi dalam tingkatan cabang yang patut dibanggakan. Karena tak semua cabang memilikinya.

Memperkuat eksistensi
Kemudian dimana letak guna memperkuat eksistensi ?
Sebelum jauh melangkah, harus tahu dahulu apa itu eksistensi. Eksistensi berasal dari bahasa latin existere yang artinya muncul, ada, timbul, memiliki keberadaan aktual. Existere disusun dari ex yang artinya keluar dan sistere yang artinya tampil atau muncul. Kalau dilihat eksistensi mengajak organisasi untuk keluar. Bagaimana cara keluarnya ? Yaitu dengan membuat kegiatan secara rutin, perbanyak diskusi, jalin komunikasi dengan antar lembaga. Kata gerakan dalam GMKI dan eksistensi mengajak orang-orang didalamnya untuk keluar kuadrat. Maksudnya membuat kegiatan yang keluar secara terus-menerus, hadir bagi masyarakat yang tertindas, proaktif melihat kebijakan kampus yang tidak sesuai, mengajak pemuda gereja menghidupi oikumenisme dan nasionalisme.

Simpulan
Aset intelektual merupakan potensi yang harus dioptimalkan dengan baik. Aset intelektual untuk menambah kapasitas/pembobotan kader dan aset organisasi yaitu statuta cabang adalah landasan/legal standing untuk bergerak.
Dua aset ini merupakan simbiosis mutualisme. Dan sekretariat adalah tempat/wadah untuk melaksanakan hal keduanya.

Penulis
Harry Sinaga
Sekretaris GMKI Cabang Bogor

KOMENTAR