Select Page

Daftar SMA TOP se-Indonesia, SMA kamu?

curcol.id – Wah sudah masuk tahun ajaran baru aja ya sekarang. Pasti diantara kalian banyak yang sudah mendaftar ke sekolah-sekolah favorit kalian. Apa masih ada yang bingung milih sekolah? jangan deh keburu ketinggalan nanti. Cepat segera daftar ke sekolah pilihanmu.
Untuk meramaikan tahun ajaran baru curcol.id akan membahas beberapa SMA top se-Indonesia. Siapa tahu salah satunya sekolah kamu. Iya gak?
Berikut daftar sepuluh SMA top  se-Indonesia yang dilansir laman http://majalahouch.com :

1. SMA Taruna Nusantara Magelang

SMA Taruna Nusantara Magelang
Kalo anak-anak bilangnya Tarnus atau TN. Sekolah ini terkenal banget sama disiplinnya yang tinggi, bahkan katanya semi-militer gitu karena sekolah ini termasuk yang pertama kali pakai sistem asrama.
Salah satu lulusan itu Agus Harimuti Yudhoyono alias anaknya Pak SBY dan prestasi Internasional yang pernah mereka dapat tuh mendali emas olimpiade fisika di Mongolia oleh Ahmad Andhiki. Alamat SMA Taruna Nusantara Magelang:  Jl. Raya Purworejo Km 5 – 56172 – Magelang.

2. SMAN 8 Jakarta

sman 8 jakarta
Siapa sih anak Jakarta yang gak tahu sekolah ini? sudah pastilah yaa anak 8 emang dikenal gaul dan pinter, rata-rata lulusannya aja kuliah kalo gak di UI ya ITB. Prestasi anak-anak 8 pun banyak banget. Tahu Nicholas Saputra doong? doi tuh lulusan sini lho. Alamat SMAN 8 Jakarta: Jalan Taman Bukitduri Tebet Jakarta Selatan.

3. SMAN 3 Bandung

sman 3 bandung
Di Jakarta ada SMAN 8, kalo di Bandung ada SMAN 3. Saking banyaknya anak 3 yang kuliah di ITB sampai ada jokes yang bilang SMAN 3 Bandung tuh sekolahnya ITB. Gedung sekolahnya unik lho karena dah ada sejak tahun 1953, apalagi dengan cuaca adem ala Bandung maka gak heran kalo sekolah di sini jadi nyaman buat belajar. Alamat SMAN 3 Bandung: Jl. Belitung 8 Bandung.

4. MAN Insan Cendekia Tangerang

MAN Insan Cendekia Tangerang
Buat yang belum tahu, sekolah MAN alias Madrasah Aliyah Negeri itu setara dengan SMA hanya aja sekolahnya berbasih Madrasah. Dan gak cuma di Tangerang, MAN Insan Cendekia juga ada di Gorontalo. Tahu gak siapa yang buat MAN ini? pendirinya adalah Prof. Dr. -Ing. B. J. Habibie. Alamat MAN Insan Cendekia Tangerang: Jalan Cendekia BSD Sektor XI Tangerang Selatan.

5. SMAN 3 Semarang

sman 3 semarang
Ini adalah salah satu sekolah yang jadi pelopor sekolah taraf Internasional di Indonesia, gak heran Depdiknas pernah jadiin sekolah ini sebagai sekolah terbaik di Indonesia. Dan sekolah ini pun dah lama ada sejak tahun 1877, lebih tua dari SMAN 3 Bandung yaa. Alamat SMAN 3 Semarang: Jalan Pemuda 149 Semarang.

6. SMAN 1 Teladan Yogyakarta

SMA 1 Teladan Yogyakarta
Resminya sih namanya SMAN 1 Yogyakarta, cuma orang-orang Jogja sana sering nyebutnya SMA 1 Teladan.. dah pasti karena murid-muridnya teladan semua. Gak beda jauh sama SMAN 3 Bandung, sekolah ini sudah ada pertama kali dibuat tahun 1957 tapi katanya sih sudah ada lebih lama sejak jaman masa penjajahan Belanda. Alamat SMAN 1 Teladang Yogyakarta: Jalan Hos Cokroaminoto 10 Yogyakarta.

7. SMAN 5 Surabaya

sman 5 surabaya
Arek-arek Suroboyo sering nyebutnya smalabaya, sama kayak sekolah-sekolah lainnya lulusan dari SMAN 5 kebanyakan kuliah di tempat unggulan juga; di Surabaya itu kampus unggulannya Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Alamat SMAN 5 Surabaya: Jalan Kusumabangsa 21 Surabaya.

8. SMAN 4 Denpasar

sman 4 denpasar
Bukan cuma pulaunya yang indah buat liburan, sekolah SMAN 4 Denpasar ini pun jadi salah satu sekolah terbaik se-Indonesia. Buat lo yang berencana lanjutin SMA di luar Jakarta bisa jadiin sekolah ini salah satu pilihan. Alamat SMAN 4 Denpasar: Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar.

9. SMAN Plus Riau

sman plus riau
Sekolah Plus Riau ini baru dibentuk tahun 1998/1999 dengan jumlah siswa yang hanya 70 orang dan 13 guru tapi sudah jadi salah satu sekolah unggulan di Indonesia. Ini bisa jadi bukti kalau anak daerah gak mesti kalah dengan anak yang sekolah di kota besar. Alamat SMAN Plus Riau: Jalan Lingkar Kubang raya, Pekanbaru.

10. SMAK 1 BPK Penabur Jakarta

sma bpk penabur
Terngata gak semua sekolah unggulan di Indonesia itu sekolah negeri, ini buktinya sekolah swasta pun gak kalah. Sudah banyak banget prestasi internasional dari murid-murid Penabur Jakarta ini, mulai dari olimpiade matematika, fisika sampai astronomi dan astrofisika international. Alamat SMAK BPK Penabur Jakarta: Jl. Tanjung Duren Raya No. 4, Blok E Lantai 5 Jakarta.
KOMENTAR

About The Author