Select Page

alterntif text

Dosen dan Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Sambangi SMP Binagreha, Cimanggu

Dosen dan Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Sambangi SMP Binagreha, Cimanggu

Bogor (Headlinebogor) – Setelah menyelesaikan kunjungannya selama tiga hari di FKIP Universitas Pakuan, dosen dan mahasiswa UKM mengunjungi SMP Binagreha, Cimanggu (Senin,11/9).

Rombonganyang diketuai oleh Suhendra, M.Pd. ini tiba di lokasi pukul 09.00. Rombongan langsung disambut oleh anak-anak pramuka sambil menarikan salah satu tarian yang sedang tren saat ini serta dihibur dengan marawis yang diamainkan oleh siswa sekolah tersebut. Menurut Suhendra, yang juga Ketua Prodi PBS Indonesia, FKIP Unpak, “Kunjungan ini merupakan perluasan kunjungan dosen dan mahasiswa UKM. Selain mengunjungi beberapa perguruan tinggi di Indonesia, kunjungan ke SMP Binagreha ini merupakan kunjungan yang pertama kali dilakukan untuk tingkat sekolah.” lebih lanjut Suhendra menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk berbagi informasi serta memberikan motivasi kepada siswa SMP Binagreha untuk terus bekerja keras dalam mencapai cita-cita.

Pembina Yayasan Binagreha, Hj. Titin Surtini, mengatakan bahwa, “Kami sangat gembira dosen dan mahasiswa UKM mengunjungi anak-anak kami di sini. Selain bisa berbagi informasi, anak-anak bisa bertanya lebih jauh tentang bagaimana pengalaman mereka ketika di sekolah sampai menjadi mahasiswa.” Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UKM adalah berdialog dan tatap muka dengan sluruh pengurus yayasan dan tenaga pengajar di sekolah itu. Banyak hal yang ditanyakan oleh guru, mulai dari agenda-agenda kegiatan sampai dengan pengalaman menarik yang dirasakan saat berada di sekolah ini.

Kepala SMP Binagreha, Lala Nurrela,M.Pd. yanng juga Ketua Ikatan Alumni PBS Indonesia, FKIP Unpak ini sangat terkesan dengan kunjungan ini. Selain bisa memberikan pencerahan tentang kehidupan dan dinamika pendidikan di UKM, kunjungan ini juga dapat mempererat silaturahim dengan seluruh keluarga besar Yayasan Binagreha.”Kami berterima kasih atas kunjungan ini. Mahasiswa UKM yang berasal dari berbagai fakultas ini bisa memberikan berbagai informasi tentang displin ilmu yang sedang mereka pelajari di UKM. ini bisa memotivasi anak didik kami untuk terus sekolah dan melanjutkan sampai ke jenjang perguruan tinggi.” pungkas Lala.
Setelah tatap muka dengan para guru, kegiatan selanjutnya adalah tatap muka dan dialog antara siswa SMP Binagreha dan mahasiswa UKM.

Acarayang dipandu oleh Ibu Siskha Hermawati, S.Pd. berlangsung sangat meriah. Anak-anak sangat antusias bertanya. Bahkan ada siswa yang meminta beberapa mahasiswa UKM untuk memerankan tokoh Ipin dan Upin sampai Boboi Boi. dengan cekatan dan tidak canggung, para mahasiswa itu dengan senang hati menuruti permintaan anak-anak. Acara semakin meriah ketika salah seorang mahasiswa UKM, Nadia Balqis membacakan puisi khusus untuk anak-anak. Kemeriahan tidak berhenti di situ, mereka juga melakukan permainan dan game untuk menghibur anak-anak. “Saya sangat terkesan berada di sini. Selain memiliki ahlak yang baik, anak-anak begitu ceria bahkan terlihat cerdas. Saya Pikir ini keberhasilan pendidikan karakter yang ditanamkan oleh SMP Binagreha kepada para siswanya. Kami berharap, di antara anak-anak ini suatu saat ada bisa berkuliah di UKM,” ungkap Nadia balqis, yang juga Ketua Teater Rimba Artisukma, UKM.


Wieharjanti, M.Si., salah seorang tenaga pengajar bertutur, “Anak-anak begitu semangat dan tidak malu-malu ketika berdialog padahal mereka baru saja bertemu.” Bahkan salah seorang siswa, Nazma, berujar bahwa, “Kakak-kakak dari UKM sangat nyambung dengan kita. Meskipun mereka berbicara dengan bahasa Malaysia, tidak jarang mereka juga menggunakan bahasa Indoenesia.” Ketika ditanyakan apa kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan setelah kunjungan ini, Mohammadiani Kasian, dosen UKM ini menjelaskan, “Kami akan mengundang pimpinan sekolah ini untuk studi banding dengan sekolah menengah yang ada di Malaysia.

UKM akan membantu memfasilitasi studi banding tersebut.” Pernyatan ini diperkuat oleh Suhendra bahwa semoga kerja sama yang sudah terjalin antara FKIP Unpak dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dapat diperluas dengan beberapa sekolah, khususnya di Kota Bogor, baik tingkat SMP maupun SMA. Semoga!

KOMENTAR

About The Author