Select Page

alterntif text

Hadirkan Dik Doank; Hima Guseda Sukses Gelar Seminar Pendidikan Karakter

Hadirkan Dik Doank; Hima Guseda Sukses Gelar Seminar Pendidikan Karakter

Hima Guseda sukses gelar acara Seminar Pendidikan 2017. Seminar yang diselenggarakan pada tanggal 18 November 2017 tersebut merupakan rangkaian dari acara besar tahunan Hima Guseda yaitu Semarak PGSD 2017. Seminar Pendidikan 2017 yang bertemakan “Meningkatkan Pendidikan Karakter Menuju Perkembangan Potensi Manusia Indonesia yang Berkualitas” itu mengadirkan Dra. Arni Suhaerani, M.Pd., Itje Chodidjah, dan Dik Doank sebagai pembicaranya, yang mana mereka memiliki peran besar dalam pendidikan karakter di Indonesia dan dunia.

“Untuk menciptakan generasi emas tahun 2045 anak-anak pada masa ini perlu dibekali keterampilan abad 21, keterampilan yang paling utama adalah kualitas karakter.” , Tutur Dra. Arni Suhaerani, M.Pd. selaku staff Dinas pendidikan Kota Bogor sekaligus pembicara pertama dalam seminar pendidikan 2017 tersebut.
Sejalan dengan ungkapan Dra. Arni Suhaerani, Itje Chodidjah selaku dewan federasi serikat guru Indonesia pun mengungkapkan, bahwa hal utama yang perlu dibenahi pada masa ini adalah perihal karakter. “Isu Pendidikan Karakter menjadi sangat penting, karena pada masa ini aspek kognitif tidak begitu penting, tetapi soft skill-ahyg menjadi hal utama”, ungkapnya. Itje Chodidjah dengan tegas dan lugas pun mengatakan “untuk mengubah potret kehidupam anak-anak di masa depan harus dimulai dengan mengubah diri kita pada masa ini’. Materi yang jelas serta pembawaan Itje yang tegas dan serius membuat seluruh peserta seminar terhanyut dalam materi yang disampaikannya.
Berlawanan dengan Itje Chodidjah, Dik Doank pendiri sekolah alam Kandank Jurank Doank menyampaikan materinya dengan banyak menyisipkan candaan khas yang menimbulkan gelak tawa peserta seminar. Dengan gaya dan cara khas yang dimilikinya Dik Doank mengajak seluruh peserta seminar untuk menjadi pendidik bukan pegawai. “Guru yang baik adalah guru yang tidak punya banyak murid tapi yang banyak sahabatnya, karena Ia menganggap murid-muridnya layaknya sahabat, jadilah guru yang disegani bukan yang ditakuti”, lanjut Dik Doank.
Seminar yang merupakan rangkaian dari acara Semarak PGSD 2017 tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan dan diikuti oleh 600 peserta dari dalam dan luar Universitas Pakuan. Selanjutnya, Hima Guseda akan melanjutkan rangkaian acara Semarak PGSD 2017 lainnya hingga tanggal 25 November 2017, termasuk pertandingan antar mahasiswa PGSD Universitas Pakuan maupun lomba-lomba bagi siswa SD se-Kota dan Kabupaten Bogor. Mata lomba bagi siswa SD tersebut terdiri dari lomba tari jaipong, membaca sajak sunda, ngadongeng, dan futsal SD.

KOMENTAR

About The Author