Select Page

alterntif text

Kuliah Sambil Kerja? Kenapa Tidak? Di Sini Tempatnya!

Setelah lulus SMA tidak semua orang lantas berpikir untuk melanjutkan kuliah. Dengan berbagai alasan dan pertimbangan banyak juga orang yang memilih untuk langsung bekerja. Salah satu yang menyebabkan orang memilih untuk langsung bekerja adalah karena semakin mahalnya biaya kuliah. Nah buat kamu yang ingin kuliah namun terbentur masalah biaya tidak ada salahnya untuk kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah.

Beberapa hal yang menarik dari kuliah sambil bekerja yaitu kita bisa membiayai sendiri kuliah kita tanpa harus merepotkan orang tua. Itu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita. Kemudian bila ada promosi di tempat bekerja yang menghendaki kita untuk menaikan level pendidikan kita, kita sudah siap. Ketiga walapaun kita bekerja tapi tetap kita memiliki wawasan dan pergaulan yang luas karena kita bekerja sambil kuliah.

Berikut beberapa alternatif tempat kuliah yang memiliki kelas ekstensi atau karyawan. Di tempat ini kamu memungkinkan untuk bekerja sekaligus kuliah. Check this out!

Bina Sarana Informatika (BSI)

Bina Sarana Informatika atau BSI adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang banyak diminati. Selain karena kualitas pendidikannya yang cukup baik, BSI juga memiliki berbagai akademi atau jurusan yang bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa. Akademi-akademi BSI diantaranya :

· Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK)
· Akademi Sekretaris & Manajemen ( ASM )
· Akademi Bahasa Asing ( ABA )
· Akademi Komunikasi ( AKOM )
· Akademi Pariwisata ( AKPAR )
· Akademi Manajemen dan Keuangan ( AMK)

BSI memiliki kelas ekstensi yang tentunya bisa menyesuaikan waktunya bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Selain itu BSI memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia. Kuliah? BSI Aja! Begitu kira-kira selogannya.

Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I)

Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia atau LP3I merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang siap mencetak pekerja profesional. Karena di sini mahasiswa akan dididik dengan keterampilan dan wawasan yang berhubungan langsung dengan dunia kerja. LP3I juga memiliki berbagai macam jurusan diantaranya :

› Business Administration
› Secretary
› Computerized Accounting
› Informatics Computer
› Travel and Tourism Business
› Hotel and Restaurant Business
› Office Management
› Public Relations
› Computer Design and Multimedia
› International Business
› Marketing Business Communication
› Financial Syariah Banking
› Automotive Engineering
› Heavy Duty Equipment
› Informatics Engineering

Bagaimana banyak kan pilihan jurusannya? Oke bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja dengan jurusan-jurusan tertentu, LP3I bisa menjadi salah satu pilihannya. LP3I juga memiliki banyak cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Sekolah Tinggi Manajemen Komputer dan Ilmu Komputer (STMIK El Rahma)

El Rahma selama ini juga dikenal sebagai penyelenggara kursus dan bimbingan belajar. Namun El Rahma juga memiliki tempat kuliah yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Komputer dan Ilmu Komputer (STMIK El Rahma). STMIK El Rahma memiliki berbagai macam jurusan atau program studi diantaranya :

· Teknik Informatika (S1),
· Sistem Informasi (S1),
· Manajemen Informatika (D3),
· Teknik Komputer (D3)
· Komputerisasi Akuntansi (D3)

Bagaimana? Cukup banyak pilihan bukan! Sama halnya dengan yang lain, STMIK El Rahma juga memiliki beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia. Bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja STMIK El Rahma juga bisa jadi alternatif buat kamu.

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STTT Nurul Fikri)

Pilihan kampus untuk bekerja yang lainnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STTT Nurul Fikri). Nurul Fikri lebih dikenal sebagai lembaga penyelenggara kursus dan bimbingan belajar. Namun STTT Nurul Fikri adalah lembaga yang fokus di dunia perkuliahan. Di STT Nurul Fikri juga memiliki banyak jurusan yang pastinya bisa kamu pilih seperti program studi Sistem Informasi dan program studi Teknik Informatika.

Oke buat kamu yang ingin kuliah sambil bekerja dengan mengambil spesifikasi di bidang komputerisasi, STT Nurul Fikri bisa menjadi alternatif buat kamu. Sama dengan ketiga perguruan tinggi yang dibahas di sini, STTT Nurul Fikri juga memiliki beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Selain di keempat kampus di atas sebenarnya di beberapa perguruan tinggi atau universitas terkemuka di setiap kota dan kabupaten di Indonesia ada juga beberapa fakultaas atau jurusan yang memiliki kelas ekstensi. Jadi pintar-pintar saja mencari informasi dan memilih tempat kuliah yang bisa sambil bekerja. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

KOMENTAR

About The Author