Select Page

Membentuk Pemuda-Pemudi Islami, PGSD UNPAK Bogor Gelar Malam Bina Ruhiyah (MABIRU)

Membentuk Pemuda-Pemudi Islami, PGSD UNPAK Bogor Gelar Malam Bina Ruhiyah (MABIRU)

(Headlinebogor.com) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar universitas Pakuan Bogor Menggelar acara MABIRU (Malam Bina Ruhiyah) semester 6 tahun 2017 dengan Tema “Membentuk Pemuda-Pemudi Berkompetensi Islami Dengan IMTAQ Dan IPTEK Sebagai Generasi Bangsa Yang Berakhlakul Karimah Melalui Malam Bina Ruhiyah”. Mabiru  ini diadakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6-7 Mei 2017 di Aula FKIP Unpak dan masjid Al Kautsar.

Acara yang diadakan oleh Himpunan Guru Sekolah Dasar atau di sebut GuSeDa pada masa kabinet harmoni 2017 yang diadakan untuk seluruh mahasiswa PGSD semester 6 universitas Pakuan Bogor merupakan program kerja unggulan.

Acara Malam Bina Ruhiyah memiliki konsep acara dengan ide panitia yang inovatif dan kreatif salah satunya dengan konsep acara seperti suasana di pesantren karena di acara tersebut mahasiswa di anjurkan memakai gamis untuk perempuan, sarung peci dan baju muslim untuk laki-laki.

Ada pun kegiatan acara mabiru  yaitu pembacaan Al Matsurat, perlombaan rengking 1 dan nasyid, sholat isya  subuh dan tahajud berjamaah, pemateri  yang profesional yaitu materi 1. Cara hidup Rasululloh 2. Madrasah rahmadhan 3. Motivasi seorang guru pelukis masa depan.

Menurut Elly Sukmanasa, M.Pd acara ini merupakan sebuah sarana pembekalan mahasiswa PGSD di bidang religi dalam membangun mental dan akhlakul karimah sebagai seorang pendidik dan mampu memberikan nuasa rohani di dalam kehidupan sehari hari.

“Dengan adanya acara ini saya berharap dapat menanamkan sifat religius  mahasiwa PGSD universitas Pakuan Bogor sebagai tugas dari seorang pendidik. ” Ujar Elly Sukmanasa, M.Pd

Dadang Kurnia M.Pd menjelaskan program ini adalah program unggulan yang tidak di adakan di program studi lain. Karena PGSD unpak memiliki ciri khas yang baik dari kegiatan upacaranya, seragam yang di kenakan dan terakhir adalah MARIBU sebagai sarana untuk menanam ruhani yang dapat di aplikasikan dikehidupan sehari-hari.

Ketua Hima Guseda PGSD universitas Pakuan menyampaikan amanah dalam sambutanya “dengan adanya acara ini saya berharap dari program kerja ini bisa menghasilkan mahasiswa yang bisa menjadi contoh di masyarakat dengan pembekalan yang di berikan oleh pemateri. Kegiatan acara ini juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari terutama untuk bekal dunia dan akherat.” Ujar Sarif,  ketua Hima GUSEDA.

Harapan dan masukan juga disampaikan oleh dosen pengampu Seminar Pendidikan Islam  yaitu  Nedin Badruzzaman  ,M.Pd

“Bapak berharap lulusan PGSD berbeda dengan yang lain. Lulusan PGSD Unpak  memiliki karakter kerohanian dan mental berakhlakul karimah  dan dapat berguna di masyarakat”

Acara ini di akhiri dengan di tutup oleh bapak Sandi Budiana M.pd dengan menyampaikan pesan “Saya berharap acara ini lebih di kembangkan lagi, saya berterima kasih kepada seluruh pengurus Hima Guseda yang telah memberikan kontribusi terbaik dalam pelaksanaan Mabiru dengan terkonsep rapih dan menarik”. Tutup Sandi di akhir acara. (Fwz)

 

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *