Select Page

PERPISAHAN PPL FKIP UNPAK DI SMAN 1 CIAWI, INI BUKAN AKHIR TAPI SALAH SATU GERBANG YANG HARUS DILEWATI!

PERPISAHAN PPL FKIP UNPAK DI SMAN 1 CIAWI, INI BUKAN AKHIR TAPI SALAH SATU GERBANG YANG HARUS DILEWATI!

(Headlinebogor.com) – Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pakuan. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendalami dan memantapkan kompetensinya sebagai calon guru bidang studi. SMA Negeri 1 Ciawi merupakan salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Pakuan dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan.

Kurang lebih tiga bulan menjadi mahasiswa praktikan di SMA Negeri 1 Ciawi, Senin, 22 Mei 2017, akhirnya mahasiswa praktikan menyelesaikan kegiatan PPL dan mengakhiri kegiatan tersebut dengan mengadakan perpisahan dengan pihak sekolah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Drs. E. Iskandar sebagai Wakasek Bd. Humas, Lukman Hidayat, S.Pd. sebagai Wakasek Bd. Kurikulum, para guru, dan staf sekolah, Dosen FKIP yang menjadi dosen pembimbing mahasiswa praktikan PPL, yaitu Lufty Hari Susanto, M.Pd, dan mahasiswa praktikan, serta perwakilan dari siswa.

Program Pengalaman Lapangan memiliki tujuan untuk memberi bekal lapangan bagi mahasiswa dalam menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata secara terbimbing. Mahasiswa praktikan menyadari bahwa selama PPL di SMA Negeri 1 Ciawi mahasiswa praktikan mempelajari banyak hal yang tidak pernah didapatkan sebelumnya di bangku perkuliahan. Maka dari itu Ahmad Rifki Rahman, selaku koordinator mahasiswa di SMA Negeri 1 Ciawi menyampaikan ucapan terima kasih untuk segala bantuan dari pihak sekolah dan bimbingan dari guru pamong yang tidak pernah bosan membagikan ilmunya kepada mahasiswa praktikan. Selain itu, koordinator mahasiswa menyampaikan permohonan maaf kepada pihak sekolah jika dalam kegiatan PPL ada sikap, tutur kata, dan hal yang kurang berkenan.

“… kami meminta doa kepada ibu dan bapak guru agar kami menjadi orang yang berilmu dan mampu menjadi generasi pendidik yang berlandaskan Alquran dan berjiwa pancasila sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.” kalimat penutup yang disampaikan oleh ketua koordinator dalam sambutannya.

Drs. E. Iskandar, selaku Wakil Sekolah Bd. Humas SMA Negeri 1 Ciawi menyampaikan sebuah pesan kepada mahasiswa praktikan. Beliau adalah orang yang selalu membimbing dan membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL.

“… kalianlah yang akan menjadi penerus kami untuk mencerdaskan anak bangsa, di tahun 2045 dikatakan sebagai lahirnya generasi emas. Kalian harus bersiap menjalani tantangan untuk mendidik para generasi emas karena di tahun tersebut kami tidak tahu apakah kami masih ada atau tidak. Maka dari itu, tugas kalianlah untuk memajukan dunia pendidikan dan mencetak generasi emas yang berkualitas.” sambungnya dalam sebuah sambutan yang disampaikan.

Dalam kegiatan perpisahan tersebut, pihak FKIP Unpak memberikan sertifikat untuk para guru pamong dan memberikan cendera mata kepada pihak sekolah. Selain itu, mahasiswa juga memberikan sebuah cendera mata sebagai ucapan rasa terima kasih yang memang tidak akan pernah sebanding dengan apa yang didapatkan oleh mahasiswa praktikan selama menjalankan Program Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Ciawi. Kegiatan perpisahan ditutup dengan pesan kesan yang disampaikan oleh perwakilan siswa yaitu M. Septain Libriyansyah, dalam penyampaian pesan dan kesan ia mengatakan,

“Selama belajar dengan guru PPL kami sangat senang sekali, usia yang tidak terpaut jauh membuat kami merasa santai ketika belajar namun tetap mengerti apa yang diajarkan. Sebenarnya kami sedih akan ditinggalkan oleh para guru PPL, tapi seseorang mengatakan bahwa kami tidak ditinggalkan dan ini bukan perpisahan. Ini adalah gerbang untuk para guru PPL meraih kesuksesannya, jadi kami tidak boleh bersedih dan harus mendoakan agar guru PPL menjadi orang yang sukses dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Program Pengalaman Lapangan sudah berakhir dan ditutup dengan perpisahan. Pengalaman yang didapatkan oleh mahasiswa praktikan tentu saja akan dijadikan pelajaran berharga dan akan selalu terkenang di dalam memori maha dahsyat yang telah dianugerahkan oleh Tuhan. Semoga kegiatan ini memberikan kesan yang baik untuk semua pihak yang terlibat.

(Rina Yuliani)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *