Select Page

Beramal Sambil Bersastra, Diksastrasia Fkip Universitas Pakuan Gelar Acara Ramadhan Bersastra

Beramal Sambil Bersastra, Diksastrasia Fkip Universitas Pakuan Gelar Acara Ramadhan Bersastra

Bogor (Headlinebogor.com) – Ramadan Bersastra adalah kegiatan yang diadakan setiap tahun oleh Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS). Kegiatan ini yang dilaksanakan dua hari yaitu pada tanggal 2 dan 3 Juni 2017. Hari pertama bertempat di Tugu Kujang, Jalan Padjajaran dan hari kedua di Aula FKIP Universitas Pakuan.

Hari pertama Ramadan Bersastra tanggal 2 Juni 2017 mulai pukul 15.00 WIB, pengurus Diksatrasia mempersiapkan takjil yang untuk dibagikan kepada masyarakat. Beberapa pengurus berangkat terlebih dahulu untuk memastikan lokasi pembagian takjil. Pada pukul 16.00 WIB seluruh pengurus dan delegasi dari masing-masing kelas berangkat menuju Tugu Kujang. Lalu, sesampainya di sana kami membagi kelompok yang terdiri dari empat kelompok. Lokasi pembagian takjil kelompok satu dari lampu merah dekat underpass sampai Lippo Plaza Kebun Raya. Kelompok dua dari Gedung Alumni IPB sampai Terminal Baranangsiang, kelompok tiga sekitar lampu Tugu Kujang sampai Lawang Salapan. Terakhir kelompok empat, lokasi pembagiannya dari SDN Bangka 3 sampai Jembatan OTISTA. Setelah pembagian selesai, tepat pukul 18.00 Pengurus Diksatrasia dan delegasi berbuka bersama di Lawang Salapan dekat Tugu Kujang. Pukul 18.35 WIB, Pengurus Diksatrasia dan delegasi telah menyelesaikan kegiatan di hari pertama Ramadan Bersastra.

Hari kedua tanggal 3 Juni 2017 Hima Diksatrasia mengundang anak Alit dan anak Yatim Piatu yang berjumlah 60 anak. Pukul 13.30 WIB pengurus melakukan persiapan sebelum acara dimulai. Setelah para perwakilan kelas masing-masing datang, saat pukul 14.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan dari mc nonformal yaitu M. Abdurrahman Hakim Mukti dan Lia Siti Soleha. Lalu dilanjutkan dengan penampilan dari grup musikalisasi puisi Sasakala perwakilan dari semester empat yang membawakan dua buah lagu. Kemudian, penampilan kedua pembacaan puisi dari Dian Eka Sapti semester dua kelas D dan Rahmat Hidayat semester empat kelas D. Selanjutnya, penampilan ketiga persembahan musikalisasi puisi kembali oleh grup musikalisali puisi perwakilan dari semester enam yaitu, Bandringan yang membawakan dua buah lagu. Kemudian, pada pukul 15.00 WIB istirahat untuk salat ashar dan persiapan untuk pembukaan resmi oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada pukul 16.00 WIB acara kembali dibuka dengan penampilan dari Teater Diksatrasia yang membawakan Dramatisasi puisi yang diangkat dari puisi “Dari Bentang Langit”. Setelah itu, pukul 16.20 WIB dilaksanakan pembukaan acara oleh Bapak Suhendra, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan monolog dari Julian Dicky Pratama dari semester 6 kelas A. Setelah itu, pada pukul 17.00 WIB ada tausiyah oleh Bapak Nedin Badruzaman. Pukul 17.48 WIB buka bersama mahasiswa dan dosen PBSI serta anak alit dan anak yatim. Selanjutnya, acara ditutup dengan doa dan acara Ramadan Bersastra 2017 selesai dilaksanakan.

Indannya berbagi di bulan yang suci bersama saudara kita yang kurang mampu sangatlah menyenangkan dan tepat sekali momentum dalam bersodakoh dan berlomba lomba dalam kebaikan. (Suhendra)

KOMENTAR