Select Page

Bromo, Gunung Manstream Penuh Pesona

Bromo, Gunung Manstream Penuh Pesona

Bila ditanya gunung mana yang puncaknya mudah didaki, Bromo pasti jawabannya. Meski gunung ini mempunyai ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut tapi akses menuju ke puncaknya cukup mudah. Bisa dilalui menggunakan jeep, disambung berjalan kaki menuju puncak. Tapi bila ingin lebih berkesan setelah turun dari jeep dapat disambung dengan menggunakan kuda yang banyak disewakan  oleh para penduduk suku tengger.

Gunung yang mempunyai arti Brahma ini adalah gunung yang masih aktif. Jadi tak heran bila bau belerang masih cukup berasa menyengat. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Di puncak Bromo dapat ditemukan para pekerja yang menampilkan skill keberaniannya dalam menerjang lembah kawah. Dengan melempar uang ke kawah, mereka dekat cepat berebut menemukan uang tersebut. Padahal Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Ekstrim sekali dan penuh resiko.

Berwisata ke Bromo pun tak hanya menikmati indah puncaknya, tapi bisa juga berkunjung ke Pananjakan untuk melihat golden sunrise, padang savana dngan bukit teletabisnya atau hamparan pasir yang disebut pasir berbisik karena bila tersapu angin terdengar seperti suara bisikan. Menurut sumber  Pak Sugik salah satu yang menawarkan jasa kuda, bulan Agustus ada waktu terbaik untuk berkunjung ke Bromo. Di bulan tersebut karena merupakan musim kemarau, golden sunrise dapat sempurna diabadikan, keindahan puncak kawah pun akan terlihat jelas karena tidak akan banyak tertutup awan.

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang karena itu mudah sekali mencapai obyek wisata ini terlebih srkarang ini banyak sekali paket yang menawarkan harga murah berkunjung kesana. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru semoga akan terus terjaga dengan baik sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara

Kiriman : Suci L/Fwz*

KOMENTAR