Select Page

Buka Bersama Masyarakat Kota Bogor di Vihara Dhanagun ; Wujudkan Toleransi Antar-Umat Beragama

Buka Bersama Masyarakat Kota Bogor di Vihara Dhanagun ; Wujudkan Toleransi Antar-Umat Beragama

Bogor (Headlinebogor.com) – Acara buka bersama yang berlangsung di Vihara Dhanagun Rabu (14/6), dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat kota Bogor, para tokoh-tokoh agama dari Basolia, Wakil Walikota Bogor (Usmar Hariman), Kapolsek Bogor Timur (Saifuddin Gayo), pemuda Ansor dan Banser Kota Bogor, Rektor Universitas Pakuan Bogor (Bibin Rubini) dan aktivis Kelompok Cipayung (PMKRI cabang Bogor, GMKI Cabang Bogor, PMII cabang Kota Bogor, GMNI Cabang Bogor, HMI MPO) dan elemen lainnya.

Bapak Guntur Santoso, pengurus Vihara Dhanagun mengatakan, “acara buka bersama ini adalah tahun ke 3 yang digagas oleh pengurus Vihara Dhanagun. Tidak ada motivasi apapun dalam acara ini selain memperkokoh dan mempererat persaudaraan, dan mewujudkan toleransi antar-umat beragama di kota Bogor. Kita melihat kondisi kebangsaan saat ini terutama bagaimana kita saling memperteguh Pancasila dan acara ini merupakan bukti dari bagaimana kita menjaga persaudaraan di Indonesia khususnya di kota Bogor”. Jelasnya.

Acara ini pun mendapat tanggapan positif dari kelompok Cipayung,

Ketua PMKRI Cabang Bogor, Yogen Sogen, mengatakan “Acara ini sangat bermanfaat bagaimana kita menjiwai semangat persatuan dan merawat Kebhinekaan di Bogor, dan banyaknya elemen masyarakat yang hadir dalam acara ini membuktikan bahwa kota Bogor masih kental dengan semangat persatuan dimana kita saling menghargai antar sesama umat di kota Bogor.

Dinamika politik sedang berkembang dengan sangat cepat dalam perkembangan Indonesia kekinian, ini adalah solutif bagus agar semua element masyarakat dapat dengan cermat memandang dinamika politik seperti ini. Bhineka Tunggal Ika memang menjadi momok pemersatu yang harus selalu terjaga sampai kapanpun dan harus selalu dijunjung tinggi oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kota Bogor yang kita cintai ini. Semoga bulan yang penuh berkah ini adalah moment pemersatu bagi umat dan bangsa Indonesia”. Amiiin.

Sambung Rakhman Hudaya Saputra Kabid PKPAO HMI-MPO Cabang Bogor

“Sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Dimana secara langsung memupuk kembali rasa kebersamaan di balik terdegradasinya sifat gotong royong didalam konteks kehidupan bermasyarakat”, jelas ketua GMNI Cabang Bogor, Bung Ricky Sitepu.

Buka bersama ini sangat baik sebagai suatu momen untuk mempererat silaturahmi antar tokoh masyarakat dan agama di kota Bogor sebagai representatif warga Bogor seluruhnya. Hadirnya para tokoh agama juga menunjukan simbol bahwa hubungan antar agama harus saling menghormati dan menghargai. Dan kelompok Cipayung Bogor yang hadi sebagai perwakilan pemuda dan mahasiswa juga perlu menjaga momen seperti ini agar kehidupan bermasyarakat dapat menjadi lebih harmonis. Lanjut Eric Christian Munthe, ketua GMNI Cabang Bogor.

Acara yang laksanakan oleh Vihara Danagun ini sangat baik, dikarnakan Kerukunan umat beragama harus tetap di pertahankan dan dijaga, karna negara Indonesia adalah negara kesatuan yang menjunjung tunggi nilai keagaam yang sudah jelas termaktub dalam pancasila. Jelas Isnek, Kabid Eksternal PMII Cabang Kota Bogor.

Acara yang berlangsung dengan meriah ini pun ditutup dengan foto bersama. (wdi)

 

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *