Select Page

Kajian Islami Ramadhan

Kajian Islami Ramadhan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kajian Ramadhan

Alhamdulillah, kita telah memasuki hari ke – 8 di bulan ramadhan ini, nabi Muhammad SAW bersabda :

إنما الصوم جنة فإذ كان أحدكم صائما فلا يرفث و لا يجهل و إن امرؤ قاتله أو شاتمه فليقل إني صائم.

“ Sesungguhnya puasa itu adalah perisai, maka apabila ada seseorang sedang berpuasa janganlah berkata keji dan jangan pula berkata bodoh, dan jika ada seseorang yang mengajak berkelahi maka katakanlah sesungguhnya aku berpuasa.”

Dari hadits diatas nabi SAW mengajak kita untuk selalu menjaga diri kita selama berpuasa agar kita bisa mendapatkan keutamaan puasa ramadhan dengan baik. Tapi kita sadar bahwa menjaga diri selama ramadhan bukanlah hal mudah, banyak hal – hal sepele di keseharian kita yang ada saja bisa membuat kita melakukan hal – hal bodoh hingga berkata keji.

Disinilah kita diminta untuk menjaga diri kita dari hal – hal diatas, sehingga kita harus bisa menjaga diri kita dengan baik. Abi K. H. Muhammad Husni Thamrin berkata “nikmatnya puasa ramadhan ini hanya bisa diraih oleh orang – orang yang paham apa arti ihsan yang sebenarnya.”

Dari pesannya tersebut bisa kita ambil bahwa memahami ihsan sangat tidak mudah untuk orang selevel kita, sehingga kita harus terus berjuang selama ramadhan ini agar kita bisa menjadi lebih baik di kemudian hari. Semua itu dimulai dari hal – hal sepele yang rasul SAW ingatkan pada hadits diatas. Semoga kita dijadikan oleh Allah sebagi hamba yang kuat menjaga diri sehingga kita bisa mendapatkan nikmat ramadhan dengan sempurna .. Aamiin

(Bogor, 8 Ramadhan 1438 H)

YHS

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

***

 

Kiriman Ustad Yanuar Hadi Saputro

 

KOMENTAR