Select Page

Kajian Ramadhan “Kebaikan Yang Berlipat”

Kajian Ramadhan “Kebaikan Yang Berlipat”

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, segala puji syukur kita curahkan kepada Allah SWT yang karenanya kita masih bisa menikmati ramadhan ini yang telah masuk hari ke – 14, tak lupa sholawat serta salam selalu kita ucapkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah berjasa besar dalam kehidupan kita ini. Nabi Muhammad SAW bersabda :

كل حسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف إلا الصيام فإنه لى و أنا أجزى به.

“ setiap kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, karena puasa untukku dan aku sendiri yang akan membalasnya.”

Dari hadits diatas, kita bisa tahu bahwa segala amal baik yang kita kerjakan di bulan suci ini akan digandakan oleh Allah SWT. Maka sebaiknya kita terus meningkatkan amal – amal baik kita untuk bekal di kehidupan selanjutnya kelak. Melakukan hal – hal baik tidaklah susah sebenarnya, semua kembali kepada niat dari diri kita, jika kita ingin melakukan kebaikan maka insya allah dengan sendirinya Allah akan menggerakkan hati kita untuk melakukan hal tersebut. Tapi jika kita tidak ada keinginan untuk melakukan hal tersebut, maka sulitlah kita untuk melakukan kebaikan walau hanya hal kebaikan kecil yang tidak membutuhkan tenaga besar seperti tersenyum.

Bulan ramadhan ini adalah bulan yang sangat spesial, banyak alasan kenapa bulan ini sangat berarti bagi umat muslim seperti diturunkannya al – qur’an di ramadhan ini. Alasan lain mengapa bulan ramadhan ini begitu istimewa ialah diwajibkannya bagi umat muslim untuk berpuasa, seperti yang disebutkan oleh nabi Muhammad SAW pada hadits diatas tentang salah satu keutamaan bulan ramadhan ialah bahwa puasa itu untuk Allah, maka hanya Allah lah yang tahu apa yang akan Allah berikan bagi hambanya yang berpuasa. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk berpuasa tanpa banyak berpikir apa yang akan didapat kelak. Allah SWT langsung yang menjamin akan memberikan hal istimewa bagi hambanya yang berpuasa.

Sebagai muslim yang taat kepada perintah Allah, sudah sepatutnya kita memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan semaksimal mungkin, jika kita bisa semangat terhadap kuis – kuis yang berhadiah sejumlah hadiah dari pihak lain, mengapa kita tidak lebih bersemangat ketika Allah SWT menjanjikan lebih “hadiah” bagi hambanya yang berpuasa? ini pula yang harusnya menjadikan cermin terhadap diri kita untuk terus beramal sholeh.

Mari kita mulai hari ini untuk terus berbuat baik /  sholeh, beramal baik tidaklah sulit, kita bisa memulai dengan bertahap, yang paling kecil dengan memberikan senyuman kepada sanak keluarga, teman dan lainnya. Semoga kita bisa menjadi hamba Allah yang semangat terus dalam beribadah sehingga Allah menjadikan kita semua termasuk kedalam hambaNya yang sholeh. Amin. (YHS)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

(Bogor, 14 Ramadhan 1438 H)

 

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *