Select Page

Langkahi Single, Ngenest Pimpin Box Office Indonesia


curcol.id – Pekan kedua bulan Januari 2016 masih dibuka didominasi oleh film-film akhir tahun. Beberapa film seperti Ngenest, Single, dan Negeri Van Oranje masih sanggup menjaring ratusan ribu penonton. Sementara itu para film pendatang baru tidak bisa berbuat banyak. Bagaimana ketatnya persaingan film Indonesia minggu ini? Berikut laporannya.

Di minggu keduanya Ngenest berhasil mengkudeta Single dari puncak box office dengan mengumpulkan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 8,1 miliar dari hasil penjualan 270.642 lembar tiket. Total film ini sudah mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 16,5 miliar. Ngenest Movie berkisah tentang Ernest yang keturunan etnis Tionghoa. Sebagai etnis non pribumi Ernest sering menerima perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-temannya. Tidak ingin kelak keturunannya mendapat perlakuan yang sama Ernest memutuskan untuk menikahi wanita pribumi. Well, premis yang cukup menjanjikan dan menggelitik. Ngenest Movie dibintangi oleh Ernest Prakasa sebagai Ernest, Lala Karmela, Morgan Oey dan Kevin Anggara sebagai Ernest muda. Film ini diderek dan ditulis langsung oleh Ernest. Film yang diadaptasi dari buku yang ditulis oleh Ernest ini diproduksi oleh Starvision Plus.

Film Single harus rela turun ke posisi kedua di minggu keempatnya dengan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 10,8 miliar dari hasil penjualan 144.143 lembar tiket. Jika membandingkan dengan pekan sebelumnya pendapatan di pekan ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dengan tambahan penghasilan minggu ini maka secara keseluruhan film ini sudah mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 36 miliar. Film produksi Soraya Intercine Films ini memang tidak diragukan kualitasnya. Dengan kekuatan komedi ala Raditya Dika yang memiliki followers 12 jutaan di Twitter mudah saja film ini memancing penonton untuk mengantre di bioskop. Film Single dibintangi sederet nama beken seperti Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono dan Babe Cabita. Tidak ketinggalan Anisa Rawles aktris pendatang baru yang menjadi lawan main Raditya Dika di film ini.

Di posisi ketiga ditempati oleh film Negeri Van Oranje yang naik satu peringkat dengan perkiraan pedapatan sebesar IDR 2,2 miliar dari hasil penjualan 73.983 lembar tiket. Secara keseluruhan film ini sudah mencatatkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 13,8 Miliar. Film produksi ini Falcon Pictures ini memang terbilang fenomenal karena trailernya saja sudah ditonton oleh 2 juta pasang mata lebih. Film yang dibintangi nama-nama beken seperti Tarjana Saphira, Abimana Artyasetya, Ge Pamungkas, Arifin Putra dan Cicho Jericko ini disutradarai oleh Endri Pelita.

Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika produksi Maxima Pictures harus puas turun ke posisi keempat dengan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 2,1 miliar dari hasil penjualan 71.987 lembar tiket. Dengan tambahan pendapatan di minggu ini maka film ini sudah mengumpulkan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 26 miliar. Film yang diadaptasi dari buku karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra dengan judul sama ini dibintangi oleh Acha Septriasa dan Abimana Aryasetya. Berkisah tentang problematika muslim Amerika pasca tragedi 11 September di Amerika, film ini sukses membuat penonton untuk berduyun-duyun ke bioskop. Apakah film ini akan sesukses pendahulunya yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

Drama cinta Sunshine Becomes You masih setia di posisi juru kunci dengan mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar 1,3 miliar dari hasil penjualan 45.847 lembar tiket. Secara total film ini sudah membukukan perkiraan pendapatan sebesar IDR 9,3 miliar. Film yang dibintangi oleh Herjunot Ali, Boy William, dan Nabilah JKT48 ini diproduksi oleh Hitmaker Studio dan disutradari oleh Rocky Soraya. Film ini memang sudah menimbulkan kontrovesi di awal karena banyak pembaca bukunya yang kurang setuju dengan jajaran cast di film ini terutama tokoh Mia Clark yang diperankan oleh Nabilah JKT48.

Pekan yang akan datang akan tayang tiga film Indonesia terbaru yang mengusung tema horor – thriler. Salah satunya Midnight Show karya sutradara Ginanti Rona. Tunggu informasinya minggu depan.

Keterangan :
– Sumber jumlah penonton dari filmindonesia.or.id.
– Asumsi penghitungan pendapatan kotor dari peredaran suatu film adalah Rp 30.000/penonton di tahun 2013 berdasarkan data dari filmindonesia.or.id.
– Perkiraaan pendapatan diperoleh dengan mengalikan asumsi pendapatan dengan perolehan jumlah penonton.
– Penghitungan jumlah penonton untuk film baru dimulai dari Kamis-Minggu, sementara untuk film lama dari Senin-Minggu


No
Film
Minggu ini
Total
Pkn
1
Ngenest
270.642
550.667
2
2
Single
144.143
1.285.166
4
3
Negeri Van Oranje
73.983
465.141
3
4
Bulan Terbelah di Langit Amerika
71.987
898.530
4
5
Sunshine Becomes You
45.847
313.794
3
KOMENTAR