Select Page

Sebuah Doa Dies Natalies Unpak

Sebuah Doa Dies Natalies Unpak

Sebuah Do’a Untuk Dies Natalis Universitas Pakuan

Oleh : Yayat Sudarjat (085888167246)
Mahasiswa Universitas Pakuan

Kala itu sebelum 1 November 1980, adalah sebuah kampus yang bernama Universitas Bogor (UNBO) Yang eksistensinya hampir dua dekade. Tersebutlah beberapa Perguruan Tinggi swasta pada tahun 1977 berfusi dengan kampus ini yaitu Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, Akademi Sekretaris Manajemen Internasional dan Akademi Ilmu Agama Islam dengan badan penyelenggara Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB). Sehingga singkat cerita ketika pada tanggal 1 November 1980 Universitas Bogor secara resmi dan sah berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah Yayasan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS-PUP) Sebagai pengganti Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB) Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan No. Skep/27/YKS/VIII-A/10/1980. Pada hari ini tepatnya sudah 37 tahun kampus ini berdiri, itulah sejarah singkat mengenai berdirinya sebuah Kampus di Kota Bogor Jawa Barat yang bernama Universitas Pakuan.
Pada momen dies natalis Universitas Pakuan yang ke 37 ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah S.W.T. selalu mencurahkan rahhmat taufik dan hidayahnya sehingga membawa kebaikan yang hakiki bagi kami dan kampus kami ini. Pada usia yang telah menunjukkan kematangan dalam perkembangannya, dengan Sifat Kasih SayangMu, semoga terus teranugerahkan selalu kampus kami menjadi tempat penuh keberkahan yang bertebar penuh hikmah.
Semoga kampus kami menjadi universitas yang tak henti-hentinya mengalirkan samudera pengetahuan yang sanggup memuaskan dahaga keilmuan setiap insan, yang dengan kesempatan belajar yang diberikan mampu mengubah berjuta harapan menjadi masa depan yang gemilang, mengangkat harkat dan martabat keluarga hingga bangsa, dan membawa perubahan kepada negeri tercinta.
Semoga dijauhkan dari pekatnya kegelapan, muliakan dengan cahaya pemahaman, bukakan kepada kampus kami pintu-pintu rahmat-Mu, dan curahkan kepada kampus kami khazanah-khazanah ilmu-Mu, serta jadikan kampus kami tempat yang mampu mengokohkan dan mematri panji-panji integritas dalam hati, yang membentuk sebuah kesadaran dan idealisme bahwa keunggulan ilmu tak akan bernilai tanpa kekokohan moralitas.
Semoga derap langkah perjalanan Universitas Pakuan menjadi tinta emas dalam sejarah perjalanan anak bangsa, memberikan kepada segenap civitas akademika kekuatan lahir dan batin, kesehatan akal fikiran jasmani dan rohani, agar kami dapat meneruskan perjuangan cita-cita para Pendiri kampus, para Founding Father bangsa ini, terus menanamkan sifat silih asah silih asih silih asuh kepada kami semua, juga rasa kesatuan, persatuan dan persaudaraan di antara kami agar tetap terjalin utuh.
Serta satukan tekad dan kemauan kami, hindarilah kami dari perselisihan dan perpecahan, karena kami sangat menyadari bahwa untuk memenuhi cita-cita leluhur, masih panjang jalan yang akan ditempuh, masih banyak badai rintangan yang akan dilalui. Semoga terus diberikan kesabaran, ketabahan dan keuletan serta semangat yang pantang menyerah agar dapat menata kehidupan di kampus kami ke arah yang lebih baik dan lebih maju untuk mewujudkan masyarakat kampus yang madani menuju masyarakat dunia yang beradab dan diberkahi.
Semoga, taufiq hidayahMu tercurahkan kepada pimpinan Fakultas dan Universitas agar tetap mampu menjadi suri tauladan yang baik bagi kami, selalu membimbing dan mengayomi menuju cita-cita luhur yang Engkau ridhoi. Anugerahkanlah guru Pendidik di kampus kami dengan kemampuan untuk senantiasa mengajarkan ilmu dengan hati yang dapat menjadikan proses memandang dan menjalani hidup lebih penuh makna. Berilah kekuatan kepada segenap karyawan dalam menjalankan setiap amanah agar selalu dapat meningkatkan produktivitasnya yang mampu menaikkan kontribusinya seiring dengan kemajuan mutu kehidupan di kampus kami.
Berikanlah pada setiap mahasiswa sebuah kesadaran progres yang masiv untuk senantiasa berkembang dalam proses pendidikan di kampus dan diluar kampus. Himpunkanlah alumninya menjadi intan mutiara yang berkilau di seantero nusantara, menjadi alumni yang bergerak, berpikir, dan bekerja untuk membangun Bangsa.
Berikan pula balasan kebaikanMu kepada setiap orang yang mendoakan keberhasilan dan kesuksesan kampus kami termasuk orang tua, keluarga, dan sahabat. Serta Berilah kekuatan kepada pemimpin bangsa kami, bimbinglah rakyat Indonesia ke jalan yang Engkau ridhoi, jauhkan bangsa kami dari fitnah dan perpecahan. Tunjukkanlah kepada para pemimpin kami, kepada rakyat dan bangsa kami jalan yang benar, agar kami dapat melaluinya dengan sinar kebenaran-Mu, dan perlihatkanlah pula kepada kami jalan yang salah agar kami dapat menghindarinya dengan kesadaran dan penuh keinsyafan
Memohon kepadaMu agar mengampuni kesalahan kami dan para guru, dosen, karyawan dan segenap jiwa yang pernah terlibat dalam kehidupan di intra maupun ekstra kampus, yang telah wafat mendahului kami, yang telah berjuang, merintis sejarah dan ilmu di kampus ini, semoga kiranya Engkau terima amal bhakti dedikasi dan pengabdian mereka serta menempatkan di tempat yang sebaik-baiknya disisiMu.
Semoga Engkau melapangkan dari segala kesusahan, membebaskan dari segala beban. Jadikan kami semua orang yang pandai bersyukur atas nikmat yang telah Engkau limpahkan.
Wallahul muwafiq ila aqwamith thoriq.

Salam Mahasiswa, Salam Pergerakan!!!

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *