Select Page

alterntif text

Heli Basarnas Tabrak Tebing, 8 orang Meninggal

Heli Basarnas Tabrak Tebing, 8 orang Meninggal

(Headlinebogor.com) – Helikopter dengan nomor seri AS 365 yang diterbangkan untuk men­gevakuasi pengunjung di lokasi wisata tersebut justru mengalami petaka di langit Temanggung. Heli Dophin milik Basarnas hancur terbakar usai menabrak tebing di Gunung Butak.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djarot Padakova mengungkapkan, berdasarkan kesaksian warga, helikopter jenis Dolphin milik Basarnas itu sebelum menabrak Gunung Butak di Desa Canggal, Keca­matan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sempat goyang-goyang di udara.

Bahkan, saat itu ada penum­pang yang sempat melambai-lambaikan tangan kepada warga sesaat sebelum heli jatuh dan menabrak tebing Gunung Butak.

“Berdasarkan kesaksian war­ga, heli terbang rendah dan goyang-goyang. Penump­angnya sempat melambaikan tangan. Tidak berapa lama heli kemudian jatuh sekitar pukul 16:00 WIB,” tegas Djarot.

Ia menambahkan, proses evakuasi sampai malam ini masih terus berlangsung yang dilakukan para petugas gabungan TNI-Polri, Basarnas, BPBD dan Tagana.

“Informasi ketiga jenazah berhasil dievakuasi setelah dilakukan upaya pembebasan jenazah dari kondisi terjepit bangkai heli,” ujarnya.

Kepala Basarnas, Marsda Muhammad Syaugi, memastikan 8 orang meninggal dunia dalam helikopter yang jatuh di Temanggung. Salah satunya Kapten Laut (P) Ii Solihin yang menjadi kopilot dalam heli tersebut.

“Ii Solihin kopilot, pilotnya satunya (Kapten Laut Haryanto),” ucap Humas Basarnas, M Yusuf Latif , Senin (3/7).

Jenazah Ii ditemukan malam tadi bersama korban tewas lain dalam evakuasi oleh tim SAR gabungan ke lokasi jatuhnya pesawat di Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah.

Para korban tersebut tewas akibat heli yang ditumpangi untuk misi pemantauan meletusnya kawah Sileri, jatuh sekitar pukul 17.30 WIB.

Berikut nama-nama korban tewas.

Kru helikopter:

  1. Kapten Laut (P) Haryanto
  2. Kapten Laut (P) Ii Solihin
  3. Sersan Kepala Mpu Hari Marsono
  4. Pembantu Letnan Satu LPU Budi Santoso

Tim penyelamat:

  1. Maulana Afandi
  2. Nyoto Purwanto
  3. Budi Resti
  4. Catur

 

 

KOMENTAR

About The Author