Select Page

Festival Cikundul Akan Dihadiri Budayawan Jawa Barat | Headline Bogor

Festival Cikundul Akan Dihadiri Budayawan Jawa Barat | Headline Bogor

CIANJUR – Kebudayaan di tanah air kita ini sudah tidak diragukan lagi, sangat banyak dan indah. Budaya tersebut lahir dari kebiasaan masyarakat dan adat di tempat tersebut. Sebagaimana kita ketahui, bahwa masyarakat indonesia adalah masyarakat yang majemuk, dengan itu kita memiliki keanekaragaman di dalam aspek kehidupan. Bukti yang nyata kemajemukan ini bisa terlihat dalam beragamnya kebudayaan yang merupakan hasil cipta, rasa, karsa yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia.

Budaya Sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat Sunda. Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Pada umumnya karakter masyarakat Sunda adalah periang, ramah-tamah (soméah, seperti dalam falsafah someah hade ka semah), murah senyum, lemah-lembut, dan sangat menghormati orang tua. Itulah cermin budaya masyarakat Sunda.

Dalam melestarikan nilai – nilai kebudayaan Sunda, hari ini (8 Juli 2018) hingga 18 Agustus 2018, Desa Cijagang Kabupaten Cianjur menyelenggarakan “Festival Cikundul”, Festival yang diprakarsai Kepala Desa ini merupakan festival kebudayaan sunda yang syarat akan nila – nilai keagamaan, adat budaya, dan seni. Ditemui sebelum pembukaan festival Ketua Bidang Karesian Majelis Adat, Fajri Maulana Rifai mengatakan diselenggarakannya Festival Cikundul ini disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Cianjur, terlebih masyarakat Desa Cijagang

“Festival Cikundul ini diprakarsai oleh Kepala Desa yakni Kang Juna yang didukung masyarakat Cijagang serta Majelis Adat, festival ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Cianjur Ke 341, dengan maksud untuk memperkenalkan nilai – nilai budaya sunda kepada generasi muda sekarang yang mulai terlupakan,” Ujar Fajri Maulana

Tidak lupa Fajri mengucapkan terima kasih kepada alim ulama baik di Desa Cijagang maupun alim ulama Kabupaten Cianjur atas dukungan serta doa sehingga Festival Cikundul bisa terwujud.

Dalam Festival Cikundul sendiri akan ditampilkan kesenian – kesenian yang mencirikan filosofi terbentuknya Cianjur, serta pernak – pernik khas Sunda yang bisa dibeli untuk souvenir. Diharapkan dengan festival ini dapat menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

“Festival ini pun diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan baik luar maupun lokal sehingga menaikan perekonomian masyarakat sehingga Cianjur lebih maju lagi,” tambah Fajri Maulana

Untuk undangan festival sendiri akan dihadiri budayawan – budayawan yang ada di Jawa Barat, diantaranya dari Sunda Langgeng Wisesa yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bandung serta komunitas – komunitas budayawan Jawa Barat.

Sandi M. Ilham

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *