Select Page

Sosok Ridwan Darmawan Anak Kampung Yang Menjadi Advokat | Headline Bogor

Sosok Ridwan Darmawan Anak Kampung Yang Menjadi Advokat | Headline Bogor

Ridwan Darmawan, Lahir di Rumpin Bogor, 18 Mei 1975, Putra ke-5 dari 5 bersaudara dari Ayah Ust. H. Madsari dan Alm. Hj. Siti Robiah. Ridwan Kecil Menempuh pendidikan di SD Rumpin 2, Sore hari Madrasah Diniyyah Mathlaul Anwar Rumpin, Mts Sunanul Huda Leuwiliang dan Pesantren Tahfidz Manbaul Furqon Bojong Abuya Leuwiliang, Melanjutkan Sekolah di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat sekaligus Ponpes Modern Darussalam Ciamis hingga tahun 1997, Ia langsung melanjutkan Studi S1 pada Fakultas Syari’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus Tahun 2003 dengan gelar S.H. I, saat ini sedang melanjutkan kuliah S2 (Pasca Sarjana) pada Program Magister Hukum Universitas Pamulang dengan konsentrasi Hukum Otonomi Daerah.

Selepas Kuliah, Ridwan bergabung dengan (Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) hingga Tahun 2007, pada Tahun 2007, diangkat dan di Sumpah menjadi Advokat sekaligus menjadi anggota Persatuan Advokat Indonesia (PERADI), Tahun yang sama juga mendirikan Lembaga Hukum dan Advokasi Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS), terakhir menjabat sebagai Direktur Eksekutif 2014-2017. Pada Pilpres 2014, Ridwan Darmawan tergabung dalam Tim Hukum Jokowi-Jusuf Kalla, dan hingga saat ini, tergabung dalam Tim Hukum Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) Pusat DPP PDI Perjuangan.

Ridwan Darmawan berkeluarga pada tahun 2012, merperistri Ustadzah Yayah Rohbiyah Putri Bapak KH. Muhammad Subki Pimpinan Ponpes Maslakul Hidayah Rumpin Bogor.

Saat ini, Ia juga tergabung dalam kepengurusan Robithoh Ma’ahid Islamiyah (RMI-NU) PBNU periode 2017-2020 sebagai anggota Divisi Advokasi Pesantren. Ia juga Tercatat sebagai Panitia Nasional Peringatan Hari Santri Nasional RMI NU PBNU tahun 2017.

Di Bogor, Ridwan Darmawan saat ini menjadi Dewan Penasehat Himpunan Mahasiswa Bogor (HIMABO) bersama Bima Arya, Walikota Bogor. Penasehat Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Rumpin Bogor dan Dewan Penasehat Karang Taruna Kecamatan Rumpin Bogor, serta Penasehat Komunitas Senter Adventure (Pecinta Alam) Rumpin Bogor.

KOMENTAR