Select Page

Inspiring Movie Competition Ajang Sineas Muda Indonesia | Headline Bogor

Inspiring Movie Competition Ajang Sineas Muda Indonesia | Headline Bogor

JAKARTA – Mengingat dengan pesatnya perkembangan industri kreatif di Indonesia, Wardah bekerja sama dengan Sinedu.id dan jaringan Semua Murid Semua Guru menyelenggarakan ‘Wardah Inspiring Movie Competition’, sebuah kompetisi film pendek bertemakan ‘Cantik dari Hati’ dan ‘Semua Murid Semua Guru’.
Tema ‘Cantik dari Hati’ mengajak sineas muda untuk mengangkat kisah – kisah inspiratif di berbagai bidang yang dapat mendorong masyarakat agar melakukan lebih banyak aksi kepedulian kepada sesama.

Contohnya untuk anak anak berkebutuhan khusus. Sementara ‘Semua Murid Semua Guru’ mengajak peserta untuk mengangkat kisah pendidikan Indonesia yang tak mengenal batas usia maupun latar belakang siapa saja bisa belajar.

Kebanyakan masyarakat saat ini mengonsumsi konten dalam bentuk multimedia, seperti video dan film. Dengan kehadiran Wardah Inspiring Movie Competition akan membantu masyarakat Indonesia untuk menyebarkan konten inspiratif melalui medium yang relevan dengan masyarakat,” ujar Dewi Sandra, Brand Ambassador Wardah dalam siaran persnya.

Pada tahap pendaftaran yang telah berlangsung pada 5 – 18 Maret 2018, peserta cukup mengirimkan identitas tim (terdiri dari tiga orang), memberikan portofolio video atau film yang pernah dibuat, dan memilih tema yang hendak diangkat di website Wardah Inspiring Movie Competition. Para juri selanjutnya akan menyeleksi dan memilih 10 finalis terbaik dari hasil penilaian portofolio dan ide cerita.

“Film itu bisa menjadi sebuah sarana pendidikan yang bagus, karya mereka diharapkan dapat menjadi sumber belajar bagi masyarakat maka itu peran para sineas ini mempunya peran penting dalam dunia pendidikan,” tutur Dewi

Sebagai bentuk apresiasi, pemenang kategori ‘Cantik dari Hati’ dan ‘Semua Murid Semua Guru’ masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp. 100 juta. Sementara pemenang ‘Film Terfavorit’ mendapatkan hadiah sebesar Rp50 juta.

Dewi Sandra menjelaskan para finalis selama dua minggu diminta untuk membuat karya orisinil. Meski belum memiliki pengalaman, Dewi dan para juri mengaku senang dan puas dengan ide dan hasil karya finalis.

” Semua memiliki telanta dimana menonjolkan apa yang mereka tahu dan mereka punya. Seperti Gunung Rundu dan Viral, tema yang mereka angkat anak muda banget and then push that,” kata Dewi di Galeri Indonesia Kaya, Kamis 24 Mei 2018.

Najelaa Shihab selaku Inisiator Jaringan Semua Murid Semua Guru berharap karya yang dilahirkan bisa mempengaruhi dunia film dan pendidikan.

Namun setelah melalui tahap penilaian para juri melalui serangkaian proses seleksi, tiga tim yang terdiri dari sembilan anak muda berhak memenangi kompetisi film pendek ‘Wardah Inspiring Movie Competition, ketiganya adalah Tim Sebelas Pic “ Sepatu Septu”, pemenang kategori Cantik dari Hati, Tim J. S. Khairen dan Kawan-Kawan ” Seikat Jiwa”, pemenang kategori Semua Murid Semua Guru, serta Tim Irwandi Tamamuddin dan Kawan-Kawan “ Viral”, pemenang Film Terfavorit.

Pemilihan karya tersebut melibatkan para juri ternama seperti Angga Dwimas Sasongko (sutradara), Gina S. Noer (penulis naskah), Mathias Muchus (aktor dan sutradara), Najeela Shihab (penggiat jaringan Semua Murid Semua Guru), serta Dewi Sandra (artis, penyanyi, dan Brand Ambassador Wardah).

Dan sebagai bentuk apresiasi para pemenang mendapatkan hadiah Rp. 50 – Rp. 100 juta.

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *