Select Page

Headline Jakarta | Canangkan #JakartaRamahBersepeda, Anies Ingin Bersepeda Bukan Hanya Olahraga Tapi Kegiatan Transportasi

Headline Jakarta | Canangkan #JakartaRamahBersepeda, Anies Ingin Bersepeda Bukan Hanya Olahraga Tapi Kegiatan Transportasi

JAKARTA – Tidak kurang dari 100-an pesepeda berkumpul di persimpangan Jalan Fatmawati-Jalan TB Simatupang pada pukul 06.00 WIB, Sabtu (12-10-2019) lalu. Pesepeda yang terdiri masyarakat umum dan komunitas tersebut hendak mengikuti pencanangan gerakan “#JakartaRamahBersepeda” yang ditandai dengan menjajal jalur khusus pesepeda dari persimpangan jalan tersebut hingga Bundaran Hotel Indonesia sepanjang sekitar 13 kilometer.

Bergabung bersama masyarakat dan komunitas tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Jajaran Direksi PT MRT Jakarta pun turut serta dalam kegiatan pagi itu. Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi, serta Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi, Tuhiyat.

Selama perjalanan, rombongan sempat berhenti di Stasiun Cipete Raya untuk meninjau rak sepeda (bike rack) yang diperuntukkan bagi warga yang ingin menggunakan sepeda dari rumahnya di sekitar Stasiun MRT Jakarta dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ratangga. Satu rak mampu menampung sekitar 10 unit sepeda. PT MRT Jakarta telah menyiapkan 12 unit rak sepeda yang tersebar di tujuh stasiun, yaitu dua unit di Stasiun Lebak Bulus Grab; satu unit di Stasiun Fatmawati; empat unit di Stasiun Cipete Raya; satu unit di Stasiun Blok A; dua unit di Stasiun Blok M BCA; dan satu unit di Stasiun ASEAN.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies mengajak warga untuk mulai menggunakan sepeda ketika berangkat menuju tempat kerja. “Kita ingin membuat Jakarta merasakan suasana yang lebih membahagiakan. Bersepeda kita ingin dorong bukan sebagai alat olahraga saja, tapi juga sebagai kegiatan transportasi,” ujar ia. “Bersepeda tidak menyisakan polusi udara, karenanya kita membangun jalur-jalur sepeda baik di jalan raya maupun di area trotoar sehingga harapannya lebih banyak warga Jakarta yang menggunakan sepeda,” lanjut ia. Selain di Stasiun MRT Jakarta, lanjut Gubernur Anies, akan dibangun juga rak sepeda di halte-halte BRT Transjakarta.

“Kita targetkan sampai akhir tahun ini halte BRT Transjakarta dan stasiun MRT Jakarta telah disiapkan rak sepeda sehingga masyarakat dapat segera menggunakan,” jelas ia. Bagi pesepeda yang ingin menggunakan layanan MRT Jakarta, PT MRT Jakarta membolehkan sepeda lipat untuk masuk ke stasiun dan ratangga. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *