Select Page

Headline Jakarta | MRT Jakarta Dan Seoul Metro Teken MoU Pengembangan Kapasitas Operasi Dan Pemeliharaan

Headline Jakarta | MRT Jakarta Dan Seoul Metro Teken MoU Pengembangan Kapasitas Operasi Dan Pemeliharaan

JAKARTA – PT. MRT Jakarta dan Seoul Metro menyepakati kerja sama di bidang pengembangan kapasitas operasi dan pemeliharaan dalam kereta api perkotaan. Dimulainya kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Chief Executive Officer Seoul Metro, Kim Taeho, di kantor pusat PT MRT Jakarta di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat. Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pengeksplorasian dalam pengembangan pengoperasian dan pengelolaan pusat kendali operasi (OCC); pengembangan kemampuan perawatan rolling stock dan depo; pengembangan pengetahuan atas kemampuan SAMBA (Smart Automatic Mechanical Big data Analysis-system) dan smart station; pengelolaan automatic fare collection (AFC);serta berbagai kegiatan knowledge sharing terkait lainnya. Rencananya Nota Kesepahaman ini akan berlaku selama dua tahun ke depan.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah sebagai tindak lanjut kunjungan studi banding PT MRT Jakarta pada Juni 2019 lalu di Korea Selatan, di mana kami melihat bahwa sebagai salah satu operator kelas dunia yang mengelola delapan jaringan dengan 340 kilometer jalur, kami menganggap perlu mendapatkan pengetahuan dari Seoul Metro, terutama terkait penggunaan teknologi data raksasa (big data) dalam aspek operasional stasiun dan rangkaian kereta,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar. “Kami berharap kompetensi operasionalisasi MRT Jakarta dapat meningkat dengan baik melalui kerja sama ini,” lanjut ia.

CEO Kim Taeho menyambut baik kerja sama ini. “Penandatanganan Nota Kesepahaman ini akan membuka ruang kerja sama lebih lanjut antara kedua belah pihak. Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami. Dari informasi yang saya peroleh sebelumnya, selama empat bulan beroperasinya, MRT Jakarta mendapat banyak perhatian luar biasa dari masyarakat,” ujar CEO Kim Taeho.

“Dari hal tersebut, kita bisa memperkirakan upaya untuk mempromosikan lebih baik lagi agar lebih banyak warga Jakarta yang menggunakan MRT Jakarta. Kami siap untuk berkontribusi sebaik mungkin dalam kerja sama ini, baik dalam hal operasi, monitoring, manajemen, penelitian (research and development), dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi pemeliharaan lebih lanjut. Kami juga siap untuk melakukan studi banding dan pertukaran sumber daya manusia antara kedua belah pihak sebagai salah satu langkah tindak lanjut,” lanjut ia.

Dalam acara ini pula, Seoul Metro memaparkan sejumlah teknologi yang digunakan dalam mengelola jalur kereta api perkotaan di Seoul, Korea Selatan. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *